Anggota DPR sebut calon panglima TNI mampu atasi persoalan bangsa

Anggota DPR sebut calon panglima TNI mampu atasi persoalan bangsa

Anggota Komisi I DPR RI Dave Laksono. (ANTARA/Imam B)

Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi I DPR RI Dave Laksono menyatakan calon panglima TNI pengganti Marsekal Hadi Tjahjanto harus mampu mengatasi berbagai persoalan bangsa saat ini.

"Dibutuhkan seorang pemimpin yang bisa beradaptasi untuk mengatasi segala persoalan," kata Dave, saat dihubungi di Jakarta, Rabu.

Dave menjelaskan sejumlah persoalan yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini, di antaranya ancaman disintegrasi ekstremisme di Papua dan Poso, konflik di Laut China Selatan, pembajakan kapal di Selat Malaka, penyelundupan barang ilegal dan narkoba ke Indonesia, perdagangan orang hingga penyelesaian pandemi COVID-19.

Politisi Partai Golkar itu menyatakan dua sosok kepala staf TNI, yakni Kasad Jenderal Andika Perkasa dan Kasal Laksamana Yudo Margono memiliki peluang yang sama untuk menjadi Panglima TNI.

"Pandangan saya, semua kepala staf itu pasti mampu dan memiliki pengetahuan serta pengalaman," ujarnya.

Namun, kata Dave, semua itu dikembalikan atas penilaian dari Presiden Joko Widodo serta penilaian khusus dari Pemerintah. Terkait dengan visi Presiden Jokowi, menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia, Dave menyakini semua calon panglima TNI pasti mampu untuk mewujudkannya.

"Tidak ada perbedaan antara matra darat, laut, dan udara," ujarnya pula.

Sebelumnya, diberitakan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto akan memasuki masa pensiun pada November 2021. Namun saat ini bursa nama kandidat pengganti Hadi Tjahjanto mulai ramai diperbincangkan.

Sejak kepemimpinan Presiden Joko Widodo, telah melantik dua Panglima TNI yakni Gatot Nurmantyo dari Angkatan Darat yang menggantikan Moeldoko dari matra AD, serta Hadi Tjahjanto dari Angkatan Udara.
Baca juga: Akademisi: Panglima TNI dari matra laut perkuat poros maritim dunia
Baca juga: Wakil Ketua DPR: Hak prerogatif Presiden tentukan calon Panglima TNI
Pewarta : Fauzi
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2021