P3DN, Kemenperin: Industri nasional produksi alat olahraga untuk PON

P3DN, Kemenperin: Industri nasional produksi alat olahraga untuk PON

Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih. ANTARA/HO-Biro Humas Kemenperin/am.

Jakarta (ANTARA) - Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Gati Wibawaningsih menyebut industri nasional mendukung produksi alat olahraga pada pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua XX yang dihelat pada Oktober 2021.

"Banyak peralatan buatan lokal yang bisa digunakan, seperti bola sepak, shuttlecock, meja pimpong, hingga raket bulutangkis," kata Gati kepada Antara di Jakarta, Kamis.

Gati menyampaikan dukungan industri dalam negeri terhadap alat olahraga nasional merupakan implementasi dari penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) bersama antara Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora) Zainudin Amali, Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita, dan Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo.

Nota Kesepahaman tersebut ditandatangani dalam rangka pengembangan sektor industri dalam bidang kepemudaan dan keolahragaan.

Baca juga: Menperin tingkatkan pangsa pasar industri alat olahraga

"Kami sudah menandatangani MOU dengan Kemenpora untuk penggunaan alat olahraga khususnya di dalam pagelaran olahraga nasional. Hal ini kami lakukan juga dalam pelaksanaan Program Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (P3DN)," katanya.

Gati menambahkan Kemenperin juga akan mendukung pameran yang akan dilaksanakan selama penyelenggaraan PON Papua 2021 dengan menampilkan produk-produk unggulan.

Adapun untuk pengembangan IKM di Papua, tempat penyelenggaraan PON 2021, Kemenperin mengupayakan pembinaan yang fokus pada komoditi yang menjadi unggulan daerah yakni kopi, noken, buah merah, hingga mebel.

Baca juga: Menperin ajak insan olahraga gunakan alat buatan dalam negeri

Baca juga: Tandatangani MoU, Menperin : Bangkitkan industri alat olahraga

Pewarta : Sella Panduarsa Gareta
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2021