Kementerian PUPR dorong pengembang sediakan lahan olahraga gateball

Kementerian PUPR dorong pengembang sediakan lahan olahraga gateball

ilustrasi - Anggota Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (PERGATSI) Kota Tasikmalaya berlatih bersama di Stadion Wiradadaha, Jawa Barat, Selasa (1/6/2021). . (ANTARA FOTO/ADENG BUSTOMI)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendorong pengembang perumahan untuk menyediakan fasilitas umum berupa lahan sarana olahraga, termasuk cabang olahraga gateball (modifikasi dari olahraga croquet)

"Saat ini ada cabang olahraga baru yang kami ingin perkenalkan kepada masyarakat yakni gateball. Kami ingin agar di setiap perumahan yang dibangun pengembang nanti disediakan lapangan gateball meskipun hanya satu lapangan saja," kata Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul Hamid yang juga menjabat sebagai Ketua Harian Pengurus Besar Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (PB Pergatsi) dalam siaran pers Kementerian PUPR di Jakarta, Jumat.

Berdasarkan laman ensiklopedia dunia maya Wikipedia, gateball adalah olahraga modifikasi permainan croquet yang menggunakan palu untuk memukul bola.

Gateball yang pertama diperkenalkan di Jepang ini dibagi menjadi dua tim yang berkompetisi untuk mengumpulkan poin terbanyak, yang dihitung dari tim yang bolanya berhasil melewati gate (gerbang) atau menyentuh pole (tiang).

Baca juga: Kementerian PUPR ingin pengembang-perbankan dukung perumahan komunitas

"Kami akan coba berupaya mengenalkan olahraga gateball ini kepada masyarakat. Kami yakin gateball akan meraih prestasi dan sejajar dengan cabang olahraga lain di Indonesia," terangnya.

Lebih lanjut, Khalawi menerangkan, perkembangan olahraga gateball di Indonesia perlu meddapat dukungan dari semua pihak baik masyarakat termasuk para pengembang perumahan.

Untuk itu, ujar dia, para pengembang ke depan diharapkan juga bisa menyediakan fasilitas umum untuk masyarakat berupa lahan untuk olahraga seperti gateball ini.

Baca juga: Kementerian PUPR minta pengembang bangun hunian berkonsep TOD

"Kami harap pengurus Pergatsi baik di pusat dan daerah dapat menggandeng pengembang dari REI, Apersi, Himperra dan asosiasi perumahan lainnya agar bisa menyediakan lahan olahraga gateball di setiap kompleks perumahan yang dibangun," ujarnya.

Saat ini, imbuhnya, sejumlah pengembang perumahan seperti Sinar Mas dan perumahan di Alam Sutera, Serpong, juga telah menyediakan sarana olahraga ini.

"Masyarakat di kompleks perumahan di Pamulang bahkan sudah mengadakan kompetisi gateball sehingga dirinya yakin olahraga ini bisa lebih dikembangkan di masa depan," ucapnya.

Baca juga: Kementerian PUPR imbau pengembang properti menjaga sumber air baku

Baca juga: Kementerian PUPR minta pengembang bantu atasi "backlog" rumah
Pewarta : M Razi Rahman
Editor: Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021