Semarapura (ANTARA News)- Guuxia Ling (71), wisatawan asal China yang tengah melakukan aktivitas snorkling dan menyelam di Ponton Quikzilver di objek wisata Pantai Toya Pakeh, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali, ditemukan tewas Minggu siang sekitar pukul 14.00 Wita.

Perempuan yang berprofesi sebagai dokter itu datang ke Pulau Nusa Penida berwisata bersama 100 anggota rombongan l yang berangkat dari Denpasar, dan secara khusus datang ke objek wisata Toya Pakeh, ujar satu sumber yang pemandu wisata di Semarapura, Klungkung.

"Begitu tiba di obyek wisata itu, wisatawan asal negeri tirai bambu tersebut langsung terjun ke laut melakukan wisata selam. Korban saat saat snorkling terpisah dengan rekannya," kata sumber tersebut.

Menurut petugas, cukup lama ditunggu, korban tidak muncul-muncul, sehingga langsung dilakukan pencarian yang akhirnya menemukan yang dicari dalam kondisi mengambang di permukaan laut dan tak lagi bernyawa.

Kapolsek Nusa Penida AKP Made Sudartawan mengatakan, kuat dugaan kematian korban karena usia yang sudah tua.

"Usainya sudah tergolong lanjut, sehingga tidak cukup tahan saat berada di dalam air dalam waktu yang cukup lama," katanya.

Ia menyebutkan, jenazah perempuan asal Xianghu, China itu akan langsung dibawa ke Rumah Sakit Sanglah Denpasar guna dimintakan visum dokter mengenai sebab-sebab kematiannya.

"Itu kami lakukan untuk mengetahui sebab-sebab kematian korban dengan lebih seksama," katanya menjelaskan.
(ANT199/P004)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010