Jakarta (ANTARA) - Inggris mengalami pukulan di Euro 2020 pada Senin tatkala duo pemain Chelsea Mason Mount dan Ben Chilwell terpaksa mengisolasi diri setelah kontak dengan pemain Skotlandia Billy Gilmour, yang positif terinfeksi virus corona.

Skuad Inggris dengan keseluruhan 26 pemain semuanya mendapatkan hasil negatif dalam tes Covid-19 setelah sebelumnya mencuat berita seputar tes positif Gilmour pada Senin.

Tetapi Mount dan Chilwell kemungkinan akan melewatkan pertandingan Grup D Euro 2020 Inggris melawan Republik Ceko di Wembley pada Selasa karena mereka melakukan kontak dengan Gilmour.

Mount dan Gilmour merupakan sesama pemain Chelsea yang membela negara masing-masing saat laga yang berakhir imbang 0-0 pada Jumat, sementara rekan klub mereka Chilwell menjadi pemain cadangan timnas Inggris yang tidak dimainkan.

Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) sedang berdiskusi dengan otoritas kesehatan perihal apakah dua pemain itu dapat tersedia saat mereka menghadapi Ceko.

Gilmour absen saat pertandingan Skotlandia melawan Kroasia di Glasgow pada Selasa.

Baca juga: Southgate pastikan Kane tetap main lawan Ceko

Mount seharusnya tampil dalam konferensi pers pra-pertandingan bersama pelatih Inggris Gareth Southgate, tetapi gelandang Chelsea itu ditarik dari penugasan berwawancara dengan media.

"Sebagai tindakan pencegahan saat ini dan dalam konsultasi dengan Kesehatan Masyarakat Inggris (PHE), Ben Chilwell dan Mason Mount mengisolasi diri setelah berinteraksi dengan pemain Skotlandia Billy Gilmour pada pertandingan Jumat," demikian pernyataan FA dikutip dari AFP.

"Pasangan ini akan dijauhkan dari pemain Inggris lainnya dan tim pendukung yang lebih luas, sambil menunggu diskusi lebih lanjut dengan PHE."

"Seluruh tim menjalani tes pada Senin sore dan semuanya kembali negatif, seperti halnya tes PCR pra-pertandingan UEFA Minggu."

"Kami akan terus mengikuti semua protokol Covid-19 dan aturan pengujian UEFA, sambil tetap berhubungan dekat dengan PHE."

Inggris harus mengalahkan Republik Ceko demi finis di puncak Grup D dalam pertandingan terakhir mereka nanti.

Baca juga: Southgate akui Inggris tidak berbuat banyak saat diimbangi SkotlandiaBaca juga: Southgate akui Inggris tidak berbuat banyak saat diimbangi Skotlandia

Pewarta: Junaydi Suswanto
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2021