Jakarta (ANTARA) - Apple dikabarkan menghentikan produksi untuk iPhone 12 mini karena penjualan kurang memuaskan dibandingkan model lainnya.

Kabar ini berasal dari firma riset pasar dari Taiwan, TrendForce, dikutip dari laman MacRumors dan Phone Arena, yang menyatakan status iPhone 12 mini kini "mencapai masa akhir sebelum waktunya" pada kuartal kedua 2021.

Status tersebut diartikan Apple sudah menghentikan produksi iPhone 12 mini secara permanen, barang yang sekarang beredar merupakan stok produksi terdahulu.

Sementara itu, Apple tetap menjual iPhone 12 mini di situs resmi mereka dan tidak ada catatan soal penundaan pengiriman.

Kabar penghentian produksi iPhone 12 mini sudah berhembus sejak Maret lalu. Slash Gear mengutip laporan dari Nikkei menuliskan Apple akan memangkas produksi iPhone 12 mini sampai 70 persen di paruh pertama tahun ini.

Apple juga diperkirakan tidak akan meluncurkan versi mini pada peluncuran iPhone 13 September mendatang.

iPhone XR, 12 Pro dan versi Pro Max dikabarkan juga akan dihentikan.

iPhone 12 mini merupakan model terkecil sekaligus termurah di lini iPhone 12, yang meluncur pada 2020 lalu.

Ponsel berukuran 5,4 inci tersedia dalam enam pilihan warna, yang terbaru berwarna ungu. iPhone 12 mini dipasarkan mulai dari Rp12.999.000 di Indonesia.

Baca juga: iPhone 12 ungu resmi masuk Indonesia

Baca juga: Apple bakal pangkas produksi iPhone 12 mini

Baca juga: Apple setop produksi iPhone 12 Mini tahun ini?

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021