Surabaya (ANTARA News) - Pencari kerang asal Margomulyo, Kota Surabaya, berhasil menjadi juara lomba ski lumpur yang digelar untuk memperingati HUT ke-59 Akademi Angkatan Laut, di Pantai Halong AAL, Surabaya, Selasa.

Mat Urip mencatat waktu satu menit dan 16 detik sekaligus mengalahkan dua rivalnya, Purnomo dan Deny, dalam menempuh lintasan berlumpur sepanjang 150 meter untuk ketegori kelompok masyarakat umum.

Di kelompok militer juara pertama berhasil diraih Letda Laut (Mar) Jonathan dengan catatan waktu satu menit tiga detik disusul Letda Laut (S) Sugiarto dan Letda Laut (Mar) Firmansyah.

Para juara lomba ski lumpur tersebut mendapatkan hadiah piala, piagam, dan sejumlah uang tunai. Sedangkan peserta yang kalah, pihak panitia memberikan sembilan bahan makanan pokok.

Lomba yang digelar di areal kompleks AAL itu mampu menyita perhatian publik karena ajang tersebut tergolong unik dan banyak melibatkan masyarakat sekitar yang rata-rata berprofesi sebagai nelayan dan pencari kerang sebagai peserta lomba.

"Kami sengaja mengajak masyarakat yang mencari nafkah di sekitar sini dengan harapan mereka turut melestarikan hutan bakau," kata Gubernur AAL, Laksamana Muda TNI Hari Bowo.

Dalam waktu yang hampir bersamaan, AAL kedatangan tamu para anggota Himpunan Warakawuri Angkatan Laut Republik Indonesia (ALRI). Rombongan langsung diterima Wakil Gubernur AAL Brigjen TNI (Mar) Gatot Subroto.

"Bagi kami kunjungan ini merupakan kehormatan dan sekaligus menunjukkan besarnya perhatian para Warakawuri terhadap keberadaan AAL," kata Gatot seraya berharap bahwa kunjungan tersebut dapat menambah semangat pengabdian keluarga besar AAL pada bangsa dan negara.

Di hadapan para istri-istri purnawirawan ALRI, jenderal berbintang satu itu memperkenalkan profil AAL mulai dari sejarah berdirinya hingga kondisi saat ini yang dianggapnya mengalami kemajuan sangat pesat.

Berbagai perbaikan dilakukan, di antaranya pembenahan kurikulum pendidikan bagi kadet dan perwira siswa AAL, pembenahan perangkat kendali pendidikan, dan melengkapi fasilitas pendidikan. (M038/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010