Jakarta (ANTARA) - Ragam peristiwa hukum terjadi di Indonesia, Rabu (23/6), mulai dari penandatanganan surat keputusan bersama (SKB) pedoman implementasi Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) sampai penindakan terhadap jual beli benih lobster ilegal senilai Rp1 miliar.

Berikut ini lima berita hukum menarik pilihan ANTARA:

1. SKB pedoman implementasi UU ITE ditandatangani

Menteri Komunikasi dan Informatika RI Johnny G Plate, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dan Jaksa Agung ST Burhanuddin resmi menandatangani Surat Keputusan Bersama (SKB) Pedoman Kriteria Implementasi UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Penandatanganan SKB itu disaksikan oleh Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

2. Ini pertimbangan Polri tandatangani SKB pedoman implementasi UU ITE

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo telah menandatangani Surat Keputusan Bersama (SKB) Pedoman Kriteria Implementasi UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dengan pertimbangan untuk menjaga ruang digital Indonesia bersih, sehat, beretika, produktif dan berkeadilan.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu, menuturkan SKB tersebut ditandatangani bersama oleh Kapolri, Jaksa Agung ST Burhanuddin dan Menkominfo Johnny G Plate, disaksikan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD, di kantor Kemenkumham, Jakarta Pusat.

Selengkapnya baca di sini.

3. Bareskrim Polri temukan dua tindak pidana Adelin Lis selama buron

Direktorat Tindak Pidana Umum (Dit Tipidum) Bareskrim Polri menemukan dua dugaan tindak pidana yang dilakukan Adelin Lis (AL) alias Hendro Leonardi (HL) selama buron di Singapura.

Direktur Tipidum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian Djajadi, saat dikonfirmasi di Jakarta Rabu, mengatakan dugaan tindak pidana tersebut diperoleh setelah pihaknya berkoordinasi dengan Direktorat Jenderal Keimigrasian dan Atpol Singapura.

Selengkapnya baca di sini.

4. Eks direktur Garuda Hadinoto Soedigno divonis 8 tahun penjara

Direktur Teknik PT Garuda Indonesia periode 2007-2012 dan Direktur Produksi PT Citilink Indonesia periode 2012-2017 Hadinoto Soedigno divonis 8 tahun penjara ditambah denda Rp1 miliar subsider 3 bulan kurungan karena terbukti menerima suap dan pencucian uang terkait pengadaan pesawat Airbus A330 dan A320, ATR 72 serie 600, CRJ 1000 NG dan mesin Rolls-Royce Trent 700.

"Mengadili, menyatakan terdakwa Hadinoto Soedigno terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi dan pencucian uang. Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa dengan pidana penjara selama 8 tahun ditambah denda Rp1 miliar subsider 3 bulan kurungan," kata ketua majelis hakim Rosmina di pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

5. Polda Lampung gagalkan jual-beli benih lobster senilai Rp1 miliar

Tim Sub Direktorat Penegakan Hukum (Gakkum) Direktorat Kepolisian Air dan Udara (Dit Polairud) Polda Lampung berhasil mengungkap lokasi jual-beli benih bening lobster sebanyak 6.800 ekor benih senilai Rp1 miliar di Pekon Sumber Agung, Kecamatan Ngambur, Kabupaten Pesisir Barat, Lampung.

"Penindakan itu berawal dari tim Subdit Gakkum Dit Polairud Polda Lampung mendapatkan informasi bahwa ada kegiatan jual-beli benih bening lobster pada Minggu (20/6)," kata Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad di Bandarlampung, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2021