Dumai (ANTARA) - Pemerintah Kota Dumai, Provinsi Riau, terus optimalkan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 untuk masyarakat dan telah memenuhi target 50 ribu dosis vaksin.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Dumai Syaiful di Dumai, Jumat, mengatakan terpenuhi capaian target vaksin ini karena antusias masyarakat dan komitmen pemerintah, namun terdapat keterbatasan jumlah vaksin tersedia, sehingga diharap warga bersabar menunggu giliran.

"Target 50 ribu vaksin sudah tercapai, namun karena jumlah terbatas, kita mengajak semua warga, baik penerima dosis ke-II ataupun yang belum menerima vaksin dosis pertama untuk bersabar," kata Syaiful.

Syaiful yang juga Jubir Satgas COVID-19 Dumai ini juga menyebut bahwa kondisi vaksin sempat kosong, namun Dumai sudah mendapat tambahan 5.000 dosis vaksin Sinovac, dan dalam minggu ke-3 bulan Juni kembali menerima vaksin.

Semua kegiatan vaksinasi difokuskan kepada pelaksanaan vaksinasi dosis ke-II, dan apabila jumlah vaksin datang melebihi untuk pemenuhan kebutuhan dosis ke-II, maka baru dijalankan vaksin pertama atau dosis ke-I.

"Lakukan prokes dengan terus perbanyak doa, pakai masker dengan baik dan benar saat berada di ruang publik, sering mencuci tangan dengan air dan sabun, jaga jarak dan terapkan pola hidup bersih dan sehat," imbau Syaiful.

Baca juga: Berlabuh di Dumai, kapten kapal India positif COVID-19 varian baru
Baca juga: Gubernur Riau: Dumai harus habiskan 5.000 dosis vaksin sepekan


Data penerima vaksinasi COVID-19 Kota Dumai, penerima dosis 1 berjumlah 66.870 orang dan penerima dosis 2 berjumlah 14.358 orang, sehingga total dosis vaksin yang telah disuntikkan berjumlah 81.228 dosis.

Sedangkan data COVID-19 Dumai pada Kamis (24/06), ada penambahan 18 kasus positif, dimana 4 kasus menjalani perawatan di RS, 14 kasus menjalani isolasi mandiri dan 21 pasien dinyatakan sembuh.

Sehingga total akumulasi saat ini 6.269 kasus positif dengan rincian 5.959 orang sembuh, orang dalam perawatan berjumlah 191 orang (165 orang isolasi mandiri, 26 orang rawat di RS) dan 119 orang meninggal dunia.

Baca juga: Riau siapkan Dumai untuk lokasi pemulangan PMI dari Malaysia
Baca juga: Satgas COVID-19 Dumai canangkan vaksin 180 ribu warga


 

Pewarta: Abdul Razak
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2021