Awan panas guguran itu terjadi pada pukul 06.46 WIB dengan amplitudo 25 mm selama 78 detik. Jarak luncur 800 meter ke tenggara
Yogyakarta (ANTARA) - Gunung Merapi di perbatasan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah meluncurkan awan panas guguran dengan jarak luncur maksimum sejauh 800 meter ke arah tenggara pada Sabtu pagi.

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), Hanik Humaida melalui keterangan di Yogyakarta, Sabtu, mengatakan awan panas guguran itu terjadi pada pukul 06.46 WIB dengan amplitudo 25 mm selama 78 detik. "Jarak luncur 800 meter ke tenggara," kata dia.

Sebelumnya, pada 25 Juni 2021 tiga kali awan panas guguran Merapi juga meluncur sejauh 3 km ke arah tenggara dengan kolom asap setinggi 1.000 meter di atas puncak. Awan panas guguran tersebut menyebabkan terjadinya hujan abu di beberapa wilayah di sektor tenggara Gunung Merapi.

Pada periode pengamatan Sabtu (26/6) pukul 00.00 sampai 06.00 WIB, guguran lava pijar teramati tujuh kali meluncur dari Gunung Merapi dengan jarak maksimum 1.100 meter ke arah barat daya.

Gunung api aktif itu juga tercatat mengalami 69 kali gempa guguran dengan amplitudo 3-30 mm selama 10-106 detik, dua kali gempa hembusan dengan amplitudo 8-9 mm selama 19-20 detik, 5 kali gempa fase banyak dengan amplitudo 3-23 mm selama 5-8 detik, serta dua gempa vulkanik dangkal dengan amplitudo 20-45 mm selama 12-16 detik.

Hingga saat ini, BPPTKG masih mempertahankan status Gunung Merapi pada level III atau siaga.

Guguran lava dan awan panas Gunung Merapi diperkirakan bisa berdampak ke wilayah sektor selatan-barat daya yang meliputi Sungai Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, dan Putih.

Saat terjadi letusan, lontaran material vulkanik dari Gunung Merapi diperkirakan dapat menjangkau daerah dalam radius tiga kilometer dari puncak gunung, demikian Hanik Humaida.

Baca juga: Tiga awan panas guguran Merapi meluncur ke tenggara sejauh 3 km

Baca juga: Sejumlah wilayah Sleman dilanda hujan abu guguran awan panas Merapi

Baca juga: Merapi empat kali luncurkan awan panas ke tenggara dan barat daya

Baca juga: Gunung Merapi meluncurkan guguran lava pijar sejauh 1,5 km

 

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2021