Ribuan warga Kabupaten OKI Sumsel ikuti vaksinasi COVID-19 massal

Ribuan warga Kabupaten OKI Sumsel ikuti vaksinasi COVID-19 massal

Wakil Bupati Ogan Komering Ilir Djafar Shodiq memantau pelaksanaan pemberian vaksinasi COVID-19 di Kayuagung, Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, Sabtu (26/6). (ANTARA/HO-Pemkab OKI/21)

Kayuagung (ANTARA) - Ribuan warga Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, mengikuti program vaksinasi COVID-19 massal untuk mencapai target nasional sebanyak 1 juta peserta hingga pertengahan tahun 2021.

Wakil Bupati Ogan Komering Ilir Djafar Shodiq di Kayuagung, Sabtu, mengatakan sebanyak 5.000 dosis vaksin disiapkan untuk vaksinasi massal dalam rangka membentuk herd immunity (kekebalan kelompok) ini.

Baca juga: Gagal divaksin, Bupati OKI Sumatera Selatan kecewa

Di OKI, kegiatan vaksinasi tahap pertama ini dilakukan di tiga lokasi berbeda, yaitu Lapangan Segitiga Emas Kayuagung, Puskesmas Awal Terusan SP. Padang dan Kantor Camat Lempuing, Sabtu. 

Kemudian untuk tahap kedua dilaksanakan di tiap puskesmas di masing-masing kecamatan.

“Kami berharap dengan kegiatan vaksinasi massal ini, virus coronanya segera lenyap dari muka bumi,” kata dia.

Baca juga: Pemkab OKI siapkan fasilitas kesehatan untuk vaksinasi COVID-19

Kapolres OKI AKBP Alamsyah Pelupessy memastikan pemberian vaksinasi massal di Kabupaten OKI berjalan sesuai protokol kesehatan.

Pelaksanaan vaksinasi ini dilakukan di tempat terbuka dan menerapkan prokes secara ketat. Semua tim medis dilibatkan mulai dari puskesmas, Klinik Polres dan Klinik Kodim, kata dia.

Baca juga: Ratusan pemudik digiring lakukan tes antigen di perbatasan OKI

Setelah divaksinasi, masyarakat diharapkan terus menerapkan protokol kesehatan dan mematuhi PPKM skala mikro yang sedang berjalan.

Saat ini Kabupaten OKI sudah beralih status dari zona oranye menjadi zona kuning. Meski demikian, kewaspadaan harus terus ditingkatkan karena terjadi lonjakan kasus di beberapa daerah Tanah Air.

Baca juga: Pemkab OKI gandeng asosiasi wujudkan program internet desa mandiri
Pewarta : Dolly Rosana
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2021