Sumsel siap tambah kuota vaksin COVID-19

Sumsel siap tambah kuota vaksin COVID-19

Gubernur Sumsel Herman Deru memantau pemberian vaksin secara gratis ke masyarakat di Palembang, Sabtu (26/6). ANTARA/HO-Pemprov Sumsel.

Palembang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru menyatakan daerahnya siap jika dilakukan penambahan kuota vaksin COVID-19 seperti yang diwacanakan Presiden Joko Widodo.

Gubernur Sumsel Herman Deru di Palembang, Minggu, mengatakan, respons positif itu lantaran tingginya antusias warga Sumsel untuk mengikuti program nasional ini.

"Kami siap jika ditambah jumlah vaksinnya. Wacana penambahan ini kami sambut baik," kata Herman Deru.

Baca juga: Dinkes Palembang vaksin disabilitas dan orang gangguan jiwa
Baca juga: Dinkes sebut vaksin AstraZeneca di Sumsel aman


Pemprov meminta agar pengiriman vaksin corona ke Sumsel dipercepat agar tidak terjadi kekurangan stok vaksin, mengingat tingginya antusias masyarakat untuk mengikuti program 1 juta vaksin yang digencarkan pemerintah pusat.

Untuk menyukseskan program tersebut, Sumsel bersinergi denga TNI, Polri yang telah menggelar secara serentak pada Sabtu (26/6) dengan melakukan vaksinasi massal bagi 31.000 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Sumsel, Lesty Nuraini menjelaskan untuk masa uji coba itu, Pemprov membuka delapan sentra di Palembang dengan segmen penerima vaksin berbeda-beda. Sementara secara keseluruhan di Sumsel terdapat 35 sentra pelayanan vaksinasi COVID-19.

Untuk masa uji coba 1 Juta vaksin per hari Sumsel mendapatkan target vaksin sebanyak 31.696 dosis. Vaksin tersebut sudah disebar di 17 kabupaten dan kota sejak beberapa hari lalu usai kedatangan dosis baru dari pusat.

Target itu dapat dicapai karena pemprov mewajibkan 433 faskes di Sumsel menyuntikkan sebanyak 75 orang per hari.

Pada tahap uji coba dilakukan untuk kalangan pegawai Badan Usaha Milik Negara (BUMN), karyawan restoran, kafe, hotel, UMKM, pemuka agama, sopir dan pengojek online, tenaga kesehatan dan lansia.

“Sedangkan untuk masyarakat umum akan diberikan pada Juli nanti,” kata dia.

Baca juga: Sumsel sudah terima satu juta dosis vaksin COVID-19
Baca juga: Sumsel telah terima 13.300 dosis vaksin AstraZaneca
Pewarta : Dolly Rosana
Editor: Mulyo Sunyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2021