Jakarta (ANTARA) - Ajang Euro 2020 kini sudah memasuki babak perempat final menyusul Ukraina memastikan diri sebagai tim terakhir dalam delapan besar turnamen setelah mengalahkan Swedia secara dramatis dengan skor 2-1 di Glasgow, Rabu dini hari WIB.

Ukraina dan Swiss menjadi dua tim yang menorehkan sejarah penampilan pertama di perempat final Euro, tetapi sorotan tentu diarahkan kepada pertemuan Belgia kontra Italia yang bagi sebagian kalangan dianggap sebagai sebuah laga final prematur.

Berikut daftar pertandingan dan jadwal babak perempat final Euro 2020:

Swiss vs Spanyol @ Saint Petersburg (2 Juli - 23.00 WIB)

Swiss menciptakan kejutan dengan menyingkirkan juara dunia Prancis lewat adu penalti untuk menorehkan catatan bersejarah pertama kalinya mencapai babak perempat final Euro.

Baca juga: Juara dunia Prancis tumbang di tangan Swiss lewat adu penalti

Spanyol lengah dan membuang keunggulan dua gol dalam lima menit terakhir waktu normal sebelum akhirnya mampu menundukkan Kroasia 5-3 lewat babak tambahan waktu di babak 16 besar.

Baca juga: Drama 8 gol antar Spanyol ke perempatfinal Euro 2020

Swiss vs Spanyol di babak perempat final tak ubahnya adalah pertemuan antara tim kejutan dan tim unggulan turnamen yang bakal dimainkan di Krestovsky, Saint Petersburg, pada Sabtu (3/7) dini hari WIB.

Seperti kontra Prancis, Swiss juga dibebani rekam jejak pertemuan yang amat timpang melawan Spanyol, di mana mereka cuma sekali menang dan 16 kali kalah dalam 22 pertandingan. Satu-satunya kemenangan terjadi dalam laga persahabatan pada 2010, tapi pertandingan besok akan menjadi pertemuan pertama mereka di ajang Piala Eropa.


Belgia vs Italia @ Muenchen (3 Juli - 02.00 WIB)

Setelah menyapu bersih fase penyisihan Grup B, Belgia jadi tim yang bertanggung jawab memastikan Portugal gagal mempertahankan gelara juara Euro seusai gol cantik Thorgan Hazard menjadi pembeda kedua tim di babak 16 besar.

Baca juga: Belgia pastikan Portugal gagal pertahankan gelar juara Piala Eropa

Lolos sebagai jawara Grup A, Italia nyaris dikejutkan Austria di babak 16 besar beruntung VAR menganulir gol lawan mereka dan tim besutan Roberto Mancini melaju lewat kemenangan di babak tambahan waktu.

Baca juga: Dua gol babak tambahan bawa Italia ke perempatfinal Euro 2020

Kendati Belgia kini merupakan tim peringkat satu dunia, Italia memasuki perempat final yang akan dimainkan di Allianz Arena, Muenchen pada Jumat (2/7) malam WIB dengan rekam jejak bagus berupa 14 kemenangan dan empat hasil imbang dalam 22 pertemuan kontra Pasukan Setan Merah.

Italia juga tidak pernah kalah dalam empat pertemuan melawan Belgia di babak utama turnamen-turnamen bergengsi termasuk saat menang 2-0 di penyisihan grup Euro 2016.

Selanjutnya: Ceko vs Denmark

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021