Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita humaniora kemarin (30/6) yang menarik untuk dibaca pagi ini diantaranya satu data ketenagakerjaan, Indonesia berada di urutan 11 vaksinasi COVID-19 dari 215 negara, kedatangan 14 juta bahan baku vaksin Sinovac, pemerintah finalisasi kebijakan PPKM darurat hari ini, dan kasus COVID-19 di Indonesia bertambah.

Presiden: Pemerintah finalisasi kebijakan PPKM darurat hari ini

Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa pemerintah pada Rabu memfinalisasi rencana penerapan kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat untuk meredakan lonjakan penularan COVID-19.

"Hari ini ada finalisasi kajian untuk kita melihat, karena lonjakan yang sangat tinggi dan kita harap selesai, diketuai Pak Airlangga (Airlangga Hartarto), Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, untuk memutuskan diberlakukannya PPKM darurat,” kata Presiden dalam Musyawarah Nasional VIII Kamar Dagang dan Industri Indonesia di Kendari, Sulawesi Tenggara, Rabu.

Menaker: Satu Data Ketenagakerjaan tanggung jawab pusat dan daerah

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menegaskan implementasi Satu Data Ketenagakerjaan menjadi tanggung jawab bersama baik pemerintah pusat maupun daerah.

"Implementasi Satu Data Ketenagakerjaan merupakan tanggung jawab kita bersama. Seluruh penyelenggara Satu Data Ketenagakerjaan baik di tingkat pusat maupun di daerah harus terus berkoordinasi dan melakukan konsolidasi," ujar Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida dalam acara virtual Konsolidasi Nasional Satu Data Ketenagakerjaan dipantau dari Jakarta, Rabu.

Presiden sebut Indonesia urutan 11 vaksinasi COVID-19 dari 215 negara

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan Indonesia memperoleh pencapaian yang baik dalam jumlah vaksinasi COVID-19 karena berada di urutan ke-11 dari 215 negara di dunia.

“Kita harus melihat dunia, 215 negara lebih yang terkena COVID-19. Untuk urusan vaksinasi, Indonesia itu di urutan ke-11. Cukup baik," kata Presiden Jokowi pada Pembukaan Musyawarah Nasional VIII Kamar Dagang dan Industri (Kadin) di Kendari, Sulawesi Tenggara, Rabu.

Presiden ajak pemerintah daerah dukung satu juta vaksinasi per hari

Presiden Joko Widodo mengajak segenap pemerintah daerah mendukung terlaksananya satu juta vaksinasi COVID-19 per hari pada Juli 2021.

Hal tersebut disampaikan Presiden Joko Widodo saat memberikan keterangan selepas meninjau vaksinasi COVID-19 massal yang digelar di halaman Kantor Gubernur Sulawesi Tenggara, Kota Kendari, Rabu.

Indonesia terima kedatangan 14 juta bahan baku vaksin Sinovac

Indonesia menerima kedatangan 14 juta bahan baku dosis vaksin dari perusahaan farmasi China, Sinovac Biotech Ltd, Rabu.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Rabu, mengatakan kedatangan vaksin ke Indonesia tahap ke- 18 ini membuat total bahan baku vaksin Sinovac yang sudah berada di Indonesia mencapai 105 juta dosis vaksin.

Kasus aktif COVID-19 bertambah jadi 239.368 orang

Data Satuan Tugas Penanganan COVID-19 memperlihatkan ada tambahan 21.807 pasien baru terkonfirmasi COVID-19, sehingga saat ini terdapat 239.368 kasus aktif di Indonesia.

Menurut data Satgas Penanganan COVID-19 yang diterima di Jakarta, Rabu, menjukkan terjadi juga tambahan 10.807 pasien yang dinyatakan sembuh dan 467 orang meninggal dunia.

Indonesia perkuat kapasitas surveilans dan identifikasi virus corona

Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Laksana Tri Handoko mengatakan bahwa Indonesia berkolaborasi dengan negara-negara Asia Tenggara yang lain untuk memperkuat kapasitas surveilans dan identifikasi virus corona penyebab COVID-19.

"Serupa dengan inisiasi global melalui inisiatif GISAID, kolaborasi antar-negara ini penting untuk memperkuat surveilans terkait penyebaran dan identifikasi dini virus SARS-CoV2 dan berbagai variannya," kata Handoko saat dihubungi ANTARA di Jakarta, Rabu.

 

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2021