Xiaomi ajukan paten konsep baru ponsel gulung

Xiaomi ajukan paten konsep baru ponsel gulung

Logo Xiaomi terlihat di toko Xiaomi, di Shanghai, China, Rabu (12/5/2021). ANTARA/REUTERS/Aly Song/am.

Jakarta (ANTARA) - Xiaomi mengajukan hak paten ke United States Patent and Trademark Office untuk konsep baru ponsel gulung yang mereka usung.

Ponsel gulung a la Xiaomi dalam paten tersebut, dikutip dari Phone Arena, Kamis, mengizinkan layar digulung dari sisi kiri dan kanan. Dengan konsep seperti ini, ponsel tidak perlu panel fleksibel agar gawai bisa berbentuk ponsel, namun, fungsinya sebagai tablet.

Konsep yang dibawa Xiaomi ini juga memungkinkan ponsel punya beberapa ukuran rasio aspek. Ketika hanya salah satu sisi yang dibuka, ponsel akan memiliki rasio 16:9, yang bisa digunakan untuk menonton.

Ketika dua sisi dibuka, ponsel akan berbentuk persegi dan bisa digunakan untuk membaca atau menggambar.

Letak kamera menjadi lebih rumit pada ponsel gulung, pada paten ini, Xiaomi menempatkan dua hingga tiga kamera di tengah secara horizontal.

Ponsel gulung, rollable phone, dari Xiaomi diperkirakan baru bisa hadir pada 2022 nanti karena tahun ini merk asal China tersebut berencana meluncurkan ponsel lipat (foldable phone).

Setelah ponsel lipat, kini pembuat ponsel berlomba-lomba berinovasi dengan ponsel gulung, yang akan menjadi seukuran tablet ketika dibuka.

OPPO tahun lalu memperkenalkan purwarupa ponsel gulung X 2021, sementara LG, sebelum mengumumkan mundur dari industri ponsel, sedang mengembangkan LG Rollable.

Baca juga: Ponsel gulung LG yang terlupakan

Baca juga: Samsung garap layar ponsel yang dapat digulung dan digeser

Baca juga: Desain ponsel layar gulung Oppo X Tom Ford terungkap

 
Pewarta : Natisha Andarningtyas
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2021