Harga emas naik 5,2 dolar jelang libur panjang akhir pekan di AS

Harga emas naik 5,2 dolar jelang libur panjang akhir pekan di AS

Ilustrasi - Emas batangan. ANTARA/Shutterstock/pri.

Chicago (ANTARA) - Harga emas berjangka di Divisi COMEX New York Mercantile Exchange naik pada hari Kamis menjelang liburan akhir pekan selama 3 hari.

Kontrak harga emas teraktif untuk pengiriman Agustus naik 5,2 dolar AS, atau 0,29 persen, menjadi ditutup pada 1.776,8 dolar AS per ounce.

Pasar akan ditutup pada hari Senin (5 Juli) untuk merayakan liburan Hari Kemerdekaan AS.

Data ekonomi yang dirilis pada hari Kamis beragam. Departemen Tenaga Kerja AS melaporkan pada hari Kamis bahwa klaim pengangguran AS turun 51.000 menjadi 364.000 dalam pekan yang berakhir 26 Juni, level terendah baru selama pandemi.

Baca juga: Emas jatuh karena dolar AS yang lebih kuat

Purchasing Managers' Index (PMI) manufaktur IHS Markit AS yang disesuaikan secara musiman tercatat 62,1 pada bulan Juni, tidak berubah dari Mei tetapi sedikit tergelincir dari perkiraan "ringkas" yang dirilis sebelumnya pada 62,6.

PMI manufaktur yang dirilis Institute for Supply Management berada di 60,6 persen di bulan Juni, 0,6 persen lebih rendah dari Mei.

Harga perak untuk pengiriman September turun 9,4 sen, atau 0,36 persen, menjadi ditutup pada 26,1 dolar AS per ounce. Platinum untuk pengiriman Oktober naik 8 dolar AS atau 0,75 persen menjadi ditutup pada 1,080,9 dolar AS per ons.

Baca juga: Emas naik jelang laporan pekerjaan bulanan AS

Pewarta : Biqwanto Situmorang
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2021