Bakauheni, Lampung Selatan (ANTARA News) - Jamaah haji asal Provinsi Lampung yang tergabung alam kelompok terbang (kloter) 18 kembali ke daerahnya melalui Pelabuhan Bakauheni Selasa pukul 22:30 WIB dengan menggunakan bus setelah mendarat dari bandara Soekarno Hatta.

Asisten III Pemerintah Provinsi Lampung, M Abadi, saat menyambut kedatangan jamaah haji mewakili Gubernur Lampung, di Pelabuhan Bakauheni mengatakan, jamaah haji kloter 18 itu merupakan jamaah haji pertama yang tiba di tanah air dari 14 kloter yang diberangkatkan asal Provinsi Lampung beberapa waktu lalu.

Dia juga mengatakan, jamaah haji yang tiba di tanah air dalam kloter 18 itu, seharusnya berjumlah 453 namun yang dipulangkan hanya sebanyak 452, karena satu orang sakit sehingga harus di rawat secara intensif di salah satu rumah sakit Makkah, setelah keadaanya membaik baru dipulangkan ketanah air.

"Jamaah yang dalam keadaan sakit yakni Sutejo bin Muhammad Nuh (80) asal Kelurahan Duren Payung, Palapa, Bandar Lampung dan akan dipulangkan bersama jamaah haji kloter berikutnya," kata dia.

Dia mengatakan para jamaah haji yang tergabung dalam kloter 18 terdiri dari 169 laki-laki dan 284 wanita yang sebagian besar berada di Kota Bandar Lampung.

Abadi mengatakan, seluruh jamaah haji dari provinsi Lampung yang terdiri dari 14 kloter itu akan dipulangkan ke tanah air secara bertahap sesuai jadwal penerbangan hingga tanggal 24 Desember mendatang.

"Untuk besok hari rabu (16/12) jamaah haji yang akan dipulangkan ketanah air yakni kloter 19 dan kloter 20 yang sebagian besar berasal dari jamaah haji Kabupaten Lampung Selatan.

Menurut keterangannya, jamaah haji Provinsi Lampung yang meninggal dunia sebanyak 115 orang karena kondisi kesehatan dan usia lanjut.

Dia juga mengharapkan agar jamaah haji dapat menjadi seorang suri tauladan yang baik di masyarakat karena telah menyandang gelar dari Allah, dengan lebih dermawan, lebih tekun beribadah dan lebih baik lagi dalam membawa diri di masyarakat.

Dalam kesempatan itu, Kepala Departemen Agama Provinsi Lampung, Syaukhani Maksum, mengharapkan agar jamaah haji menjadi haji yang mabrur, semua amal ibadahnya diterima oleh Allah SWT .

Untuk tahun depan dia mengahrapkan Jamaah haji asal Lampung dapat diberangkatkan melalui Bandara Radin Intan sesuai yang direncanakan oleh Pemprov Lampung sebagai embarkasi dan debarkasi saat musim haji 1431 H.

Sementara ini, Maskapai penerbangan Garuda sejak 2 Desember telah menerbangkan 77.800 jamaah haji dalam 216 kloter atau sekitar 40,5 persen dari seluruhnya 478 kloter (l92.000) haji reguler pada musim haji 1430H.

Data dari Konsul Haji Indonesia di Jeddah mengungkapkan, masih ada 262 kloter lagi dengan 114.200 jamaah yang akan dipulangkan sampai 1 Januari 2010.(*)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2009