Saya belum tahu, kalau olahraga lari juga dilarang
Jakarta (ANTARA) - Personel Kepolisian menghalau beberapa pesepeda karena kedapatan melewati jalur sepeda permanen sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin saat larangan bersepeda pada hari pertama PPKM Darurat.

Pantauan ANTARA di dekat gedung FX Sudirman, Jakarta, Sabtu, sejumlah petugas kepolisian dibantu Satpol PP Kelurahan Gelora meminta pesepeda putar balik.

Petugas mengarahkan pesepeda melewati Jalan Pintu Satu Senayan di Gelora Bung Karno (GBK) menuju arah Jalan Asia Afrika.

Sementara itu, beberapa pesepeda mengaku tidak mengetahui adanya aturan larangan bersepeda selama PPKM Darurat.

"Saya tidak tahu, tapi kan bersepeda bagus, apalagi kena matahari, sehat juga kan," ucap seorang pesepeda, Dani yang bersepeda dari Blok M, Jakarta Selatan hendak menuju Monas.

Baca juga: Cuaca cerah berawan sambut hari pertama PPKM Darurat di Jakarta

Senada dengan Dani, pesepeda lain yakni Fajar juga mengaku belum mengetahui larangan bersepeda diberlakukan mulai Sabtu.

"Saya kira berlaku nanti tengah malam," kata pesepeda, Fajar.
 
Suasana lengang saat berlangsungnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di kawasan Jenderal Sudirman, Jakarta, Sabtu (3/7/2021). Petugas tetap memberikan akses untuk melintas di titik penyekatan PPKM Darurat di 63 titik di wilayah Jadetabek yang berlaku dari 3 - 20 Juli 2021 hanya yang masuk kategori sektor esensial. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/hp.

Selain pesepeda, sejumlah warga juga terlihat berolahraga di sekitar Jalan Sudirman menuju GBK.

Namun, jumlahnya tidak seramai seperti pada akhir pekan sebelumnya, sebelum aturan PPKM Darurat.

"Saya belum tahu, kalau olahraga lari juga dilarang," ucap Febrianto ditemui di pedesterian dekat gedung FX Sudirman.

Baca juga: Jakarta sepekan, PPKM Darurat hingga kasus COVID-19 anak

Secara umum, suasana di sepanjang jalur sepeda permanen di Jalan Sudirman lengang dari pesepeda dan hanya beberapa yang kedapatan melintas, begitu juga kendaraan pribadi.

Polisi membatasi arus lalu lintas menuju Jalan Sudirman, salah satunya di dekat Polda Metro Jaya dan dialihkan ke jalur SCBD.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya akan menyita atau mengandangkan sepeda warga yang nekat beraktivitas di luar rumah di DKI Jakarta selama masa pemberlakuan kebijakan PPKM Darurat.

"Yang hobi naik sepeda saya ingatkan, sudah berhenti naik sepeda, nanti sepedanya saya kandangkan selama PPKM Darurat, kalau nekat naik sepeda," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (2/7).

Fadil mengatakan kebijakan ini diambil demi menyelamatkan jiwa masyarakat dari ancaman virus COVID-19 yang kian mengganas dalam beberapa hari terakhir.

Baca juga: PPKM darurat, restoran dan kafe gencarkan layanan pesan antar

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2021