Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa terus memantau perkembangan situasi dan kesiapan Rumah Sakit TNI AD di seluruh Indonesia dalam penanganan COVID-19.

"Pemantauan kesiapan pada RSPAD dan masing-masing Rumah Sakit TNI AD di seluruh Indonesia merupakan upaya kita untuk menurunkan angka COVID-19 yang meningkat saat ini," kata Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa, dalam keterangannya diterima di Jakarta, Rabu.

Jenderal TNI Andika Perkasa melakukan video konferensi bersama pimpinan Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto dan Kesdam di seluruh Indonesia untuk melakukan pemantauan persiapan penanganan COVID-19 yang saat ini kasus-nya meningkat.

Jenderal TNI Andika Perkasa memastikan persiapan terutama pada RSPAD Gatot Soebroto, RS Ridwan Meuraksa, dan RS Daan Mogot dimana angka peningkatan pasien COVID-19 tercatat sangat tinggi di Jakarta.

Baca juga: TNI AD siapkan instalasi RS Lapangan RSPAD tingkatkan layanan COVID-19

Baca juga: Kasad: RS lapangan bantu pemda tangani COVID-19


Masing-masing kesiapan dari mulai peralatan, sarana CICU, perangkat APD, masker dan kebutuhan lainnya untuk penanganan pasien yang terdampak COVID-19 diminta agar selalu diperbaharui informasinya setiap tiap pekan.

Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa meminta adanya informasi lengkap baik dari peralatan medis penanganan COVID-19, sarana prasarana rumah sakit dalam menampung pasien COVID-19 hingga kebutuhan tenaga kesehatan agar upaya penanganan di RS TNI AD tidak terkendala.

Peningkatan penyebaran COVID-19 kali ini merupakan kedua kalinya setelah pertengahan 2020 lalu juga pernah mencatatkan angka kasus tertinggi.

Pemantauan secara rutin yang dilakukan oleh Kepala Staf Angkatan Darat, diharapkan dapat menurunkan angka penyebaran COVID-19 yang saat ini terutama pada Ibu Kota Jakarta yang kembali meningkat.

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2021