Jakarta (ANTARA) - Pelatih Persipura Jacksen Tiago enggan memusingkan jadwal pelaksanaan terbaru Liga 1 Indonesia musim 2021-2022.

Yang paling penting, kata Jacksen dalam konferensi pers virtual yang diikuti di Jakarta, Rabu, adalah Liga 1 bisa bergulir kembali setelah vakum selama lebih dari satu tahun akibat pandemi COVID-19.

"Yang penting liga bisa berjalan. Kalau berbicara jadwal, tidak ada tanggal yang ideal. Lagi pula, semua kompetisi sepak bola di dunia mengalami perubahan drastis," kata juru taktik asal Brazil tersebut.

Liga 1 Indonesia 2021-2022 sejatinya siap berlangsung mulai 9 Juli 2021.

Namun, PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) sepakat menunda liga demi mendukung upaya pemerintah mengendalikan pandemi COVID-19 melalui kebijakan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat untuk wilayah Jawa dan Bali pada 3-20 Juli 2021.

Baca juga: PSSI: Liga 1-2 ditunda sampai akhir Juli 2021
Baca juga: Liga Indonesia ditunda, Menpora minta pecinta sepak bola bersabar

Keadaan itu, Jacksen melanjutkan, sebenarnya membuat anak-anak asuhnya sedih karena mereka sudah melakukan serangkaian persiapan mulai latihan sampai pertandingan uji coba.

Kondisi pemain pun sejatinya sudah mencapai puncak dan siap mengarungi liga.

"Kami sudah terbang ke mana-mana untuk mempersiapkan diri dan pemain sudah dalam masa merasakan tekanan untuk kompetisi. Namun, intensitas latihan terpaksa kami turunkan dan sekarang kami mesti menjaga kondisi pemain agar tetap bugar," tutur Jacksen.

Sementara terkait target di Liga 1, Jacksen Tiago tidak mau menyematkan target tinggi untuk skuadnya.

Baca juga: Jacksen: Piala AFC dan Liga 1 sama-sama penting untuk Persipura

"Target saya tim bisa menunjukkan yang terbaik," ujar dia.

Setelah ditunda, PSSI dan PT LIB belum menentukan kapan Liga 1 Indonesia musim 2021-2022 akan dilaksanakan.

Kabar terakhir, LIB mewacanakan Liga 1 bergulir kembali mulai akhir Agustus 2021 atau sekitar satu bulan setelah PPKM Darurat berakhir.


 

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021