Jakarta (ANTARA) - Apple berencana merilis iPad mini generasi terbarunya yang dijanjikan akan menjadi iPad dengan desain terbaru dan berbeda dari generasi- generasi sebelumnya setelah 9 tahun produk itu terus diluncurkan.

Perilisan gawai terbaru itu diperkirakan akan hadir di kuartal ketiga 2021 atau pada musim gugur di Amerika Serikat.

iPad generasi terbaru itu dijanjikan akan memiliki bezel yang lebih ramping sehingga tentunya ukuran layar akan semakin besar.

Baca juga: Apple pensiunkan iPad mini versi pertama

Selain itu, kinerja iPad terbaru itu akan lebih cepat dari pendahulunya.

Rumor yang beredar menyebutkan bentuk iPad mini ini akan mirip dengan desain iPad Air Apple 2020.

Perombakan desain yang diputuskan Apple terjadi pada produk iPad mininya itu tentu akan membuat kejutan mengingat sejak 2012 tidak ada perubahan dan bentuk iPad mini selalu konsisten.

Bulan lalu, iPad mini bahkan dikabarkan tidak lagi memiliki tombol di bagian drpannya sehingga memungkinkan bezel layar semakin tipis.

Nantinya juga sensor "Touch ID" mungkin terpasang di samping tombol daya atau tombol power.

Pada 2020, seorang analis teknologi bernama Ming Chi Kuo memprediksi iPad mini akan memiliki ukuran layar hingga 9 inci. Tentu angka itu sangat berbeda jauh dari layar yang sebelumnya mentok di 7.9 inci.

Untuk bagian panel layarnya, diperkirakan iPad mini akan menggunakan LED serupa dengan panel yang digunakan di iPad Pro terbaru dari Apple.

Tentu iPad mini terbaru ini akan menjadi tablet generasi keenam, yang medukung penggunaan "stylus Apple Pencil", dilengkapi prosesor A12 yang cepat.

Baca juga: Apple sedang buat iPad Pro charger nirkabel

Baca juga: Apple rilis iPad tergres, janjikan performa berlipat

Baca juga: Apple luncurkan iPad Pro terbaru

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021