Vaksinasi massal berlangsung di halaman Stasiun Manggarai

Vaksinasi massal berlangsung di halaman Stasiun Manggarai

Petugas kesehatan menyuntikan vaksin kepada warga di Manggarai, Jakarta Selatan, Selasa (13/7/2021). (ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna)

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Selatan menggenjot vaksinasi massal di kawasan padat penduduk, salah satunya di Manggarai, Kecamatan Tebet.

Pelaksana Tugas Lurah Manggarai, Fadhilah Nursehati di Manggarai, Jakarta Selatan, Selasa, mengatakan kuota per hari yang disediakan mencapai 200-250 vaksin. Vaksinasi dilakukan tim gabungan termasuk mengerahkan mobil vaksinasi keliling.

"Kami buka hingga Kamis untuk vaksinasi dosis pertama," kata Fadhilah.

Vaksinasi massal menggunakan vaksin merek Sinovac itu diadakan di halaman depan Stasiun Manggarai, salah satu titik strategis yang mudah dijangkau masyarakat.

Adapun pelaksanaan vaksinasi itu diadakan oleh tim kesehatan secara gabungan melibatkan Puskesmas Kelurahan Manggarai, Kodam Jaya, ACT dan Human Inisiative. Vaksinasi tersebut diadakan mulai pukul 10.00 hingga 13.00 WIB dengan sasaran warga berusia di atas 12 tahun.

Sejumlah warga menyambut antusias vaksinasi tersebut termasuk warga berusia 12 tahun ke atas..Mereka sudah mendatangi lokasi vaksinasi sejak pukul 08.00 WIB, meski vaksinasi baru dibuka pukul 10.00 WIB.

Warga pun tertib antre mendaftarkan diri karena cukup membawa KTP.. "Kemarin diberi tahu RT ada vaksinasi, jadi saya langsung mau vaksin," kata Fauzan, pelajar SMA 26 Jakarta.

Baca juga: 1.800 pelajar usia 12 tahun ke atas di Jakarta Pusat sudah divaksin
Baca juga: Tempat isolasi mandiri Kantor Wali Kota Jakarta Timur belum digunakan


Senada dengan Fauza, warga Menteng Dalam, Gasta mengatakan, warga terbantu dengan adanya vaksinasi keliling sehingga tidak perlu jauh dari kediamannya.

"Tinggal datang saja, bawa KTP terus antre. Jadi tidak perlu jauh ke sentra vaksinasi," katanya.

Pemprov DKI Jakarta menargetkan sebanyak 7,5 juta warga Ibu Kota sudah mendapatkan vaksinasi dari usia 12 tahun ke atas. Vaksinasi tersebut terus digenjot untuk menumbuhkan kekebalan kelompok guna memutus pengendalian COVID-19.

Berdasarkan data Pemprov DKI Jakarta melalui corona.jakarta.go.id, hingga 12 Juli 2021 sebanyak 5,46 juta warga DKI sudah divaksin dosis pertama atau 62 persen. Sedangkan jumlah warga yang sudah mendapatkan dua dosis vaksinasi atau vaksinasi sudah lengkap mencapai 1,95 juta atau baru 22,1 persen.

Baca juga: Mobil vaksinasi keliling sasar enam titik di Jaksel

#ingatpesanibu
#sudahdivaksintetap3m
#vaksinmelindungikitasemua
Pewarta : Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2021