Kemarin, perluasan penyekatan oleh Polri sampai pelantikan Jampidmil

Kemarin, perluasan penyekatan oleh Polri sampai pelantikan Jampidmil

Sejumlah petugas gabungan dari TNI dan Polri memeriksa dokumen perjalanan pengemudi yang akan melintas di Tol Tambun, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Rabu (14/7/2021). Penyekatan di sembilan titik ruas jalan tol Jakarta-Cikampek tersebut untuk menekan laju mobilitas masyarakat saat PPKM Darurat. ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah/wsj.

Jakarta (ANTARA) - Ragam peristiwa hukum terjadi di Indonesia, Rabu (14/7), mulai dari perluasan penyekatan jelang Hari Raya Idul Adha oleh Korps Lalu Lintas Polri sampai pelantikan Jaksa Agung Muda Pidana Militer oleh Kejaksaan Agung RI.

Berikut ini lima berita hukum menarik pilihan ANTARA:

1. Korlantas Polri memperluas titik penyekatan antisipasi libur Idul Adha

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menambah jumlah titik penyekatan di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan memperluas hingga 998 titik untuk mengantisipasi mobilitas orang di masa libur Idul Adha.

"Titik penyekatan PPMK Darurat dan antisipasi libur Idul Adha ada 998 titik, diperluas di jalur tol, non-tol dan pelabuhan," kata Kepala Bagian Operasi Korlantas Polri Kombes Pol Rudi Antariksawan, saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

2. PN Medan vonis mati kurir 41,8 kg sabu-sabu asal Jawa Timur

Terdakwa Tantra Surya Dewangsa (20) warga Tuban, Provinsi Jawa Timur dijatuhi hukuman mati di Pengadilan Negeri (PN) Medan, karena diyakini terbukti bersalah menjadi kurir narkoba jenis sabu-sabu seberat 41,835 kilogram .

Majelis Hakim PN Medan diketuai Syafril Batubara, dalam amar putusannya, di PN Medan, Rabu, menyebutkan terdakwa melakukan secara tanpa hak dan melawan hukum menawarkan, menjual, dan menjadi perantara dalam jual beli Narkotika Golongan I yang beratnya melebihi 5 gram.

Selengkapnya baca di sini.

3. Prajurit TNI berhasil evakuasi dua jenazah teroris Poso

Prajurit TNI dari Komando Operasi Gabungan Khusus (Koopsgabsus) Tricakti berhasil mengevakuasi dua jenazah kelompok teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT) di Poso, Sulawesi Tengah, Rabu.

Tim evakuasi di lapangan yang dipimpin langsung Wapangkoopsgabsus Brigjen TNI Rafael Granada Baay menyebutkan bahwa hari keempat evakuasi jenazah, tim di lapangan diberikan kelancaran.

Selengkapnya baca di sini.

4. Jampidmil di Kejaksaan Agung hilangkan dualisme kebijakan penuntutan

Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin mengatakan dengan adannya Jaksa Agung Muda Pidana Militer (Jampidmil) di Kejaksaan Agung akan menghilangkan dualisme kebijakan penuntutan tindak pidana koneksitas.

"Dengan adanya Jaksa Agung Muda Pidana Militer diharapkan tidak terjadi lagi dualisme kebijakan penuntutan yang cenderung akan menimbulkan disparitas pemidanaan terhadap jenis tindak pidana yang sama dan dilakukan pada obyek, waktu dan tempat yang sama," kata Burhanuddin dalam pelantikan Jampidmil pertama di Kejagung di Menara Kartika Adhiyaksa, Jakarta, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

5. Bakamla RI latihan jarak jauh dengan Jepang Coast Guard

Sejumlah personel Bakamla RI menjalani pelatihan jarak jauh dengan Jepang Coast Guard (JCG) untuk meningkatkan kapasitas dalam menunaikan tugas menjaga keamanan laut NKRI.

Pelatihan difasilitasi oleh pakar dari JCG dengan materi, antara lain hukum laut internasional dan UNCLOS, prosedur melakukan Inspeksi di kapal target, dan teknik penangkapan tersangka di kapal target.

Selengkapnya baca di sini.
Pewarta : Genta Tenri Mawangi
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2021