kita membangun one stop health services yang ada di Bali di mana lahannya milik BUMN.
Jakarta (ANTARA) - Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan pihaknya akan membangun layanan kesehatan satu pintu atau one stop health services bertaraf internasional di Sanur, Bali dalam rangka mendukung ekosistem kesehatan Indonesia.

Erick mengatakan bahwa BUMN juga membangun ekosistem kesehatan, tidak mungkin Indonesia berusaha tidak sehat. Sama seperti yang disepakati sejak awal Indonesianya harus sehat dulu, baru Indonesia bekerja, baru Indonesia tumbuh.

"Karena itu kita membangun one stop health services yang ada di Bali di mana lahannya milik BUMN. Apalagi kalau kita melihat data-data untuk penyakit kanker, paru-paru kita masih salah satu tertinggi di dunia. Tingkat kematian kanker di Indonesia lebih tinggi dari dunia," ujar Erick Thohir dalam seminar daring Investor Daily Summit 2021 di Jakarta, Kamis.

Menteri BUMN ingin memastikan Indonesia punya ekosistem yang kuat dengan mengundang perusahaan-perusahaan, rumah sakit-rumah sakit internasional untuk membuka kerjasama di Indonesia dan BUMN mendahului.

Erick sendiri tidak menyampaikan lebih lanjut pihak-pihak mana saja yang telah diajak kerjasama terkait layanan kesehatan satu pintu tersebut.

"Saya tidak bisa bicara kita sudah tandatangan dengan siapa, tapi nanti ada waktunya pasti pasar akan terlihat, Indonesia bisa," katanya.

Menteri BUMN mengajak semua pihak untuk membangun ekosistem kesehatan di Indonesia. Hal ini dikarenakan Indonesia memiliki pasar yang besar untuk industri kesehatan di mana 600 ribu masyarakat Indonesia pergi keluar negeri untuk berobat dan ratusan triliun yang dibelanjakan.

"Ini terbuka ekosistem kita bekerjasama dengan investor swasta serta berbagai pihak," kata Erick.

Kementerian BUMN akan mengembangkan layanan kesehatan satu pintu bertaraf internasional berupa pengembangan rumah sakit internasional. Hal tersebut merupakan terobosan BUMN untuk kemandirian dalam bidang kesehatan terutama dalam penanganan kasus kanker.

Pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sanur dilengkapi fasilitas perawatan kanker bertaraf internasional bekerjasama dengan operator rumah sakit ternama.

Kawasan yang selama ini dikenal sebagai Grand Inna Bali BEach Resort (GIBB) Sanur, Bali akan terdapat healty and welness zone serta tourism support zone dengan total area seluas 41,3 hektare.

Baca juga: Kementerian BUMN jelaskan skenario layanan kesehatan pasien COVID-19
Baca juga: Rangkul Halodoc, Bank Aladin dukung perluasan akses layanan kesehatan
Baca juga: BPJS Kesehatan buka lowongan verifikator klaim layanan COVID-19

 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2021