Aplikasi, "e-commerce" dan dompet digital penyedia kurban online

Aplikasi,

Shopee tawarkan layanan kurban online. ANTARA/HO-Shopee Indonesia.

Jakarta (ANTARA) - Hari Raya Idul Adha tahun ini kembali dirayakan di tengah pandemi virus corona ketika masyarakat di Pulau Jawa dan Bali sedang mengikuti aturan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Selama PPKM Darurat, masyarakat diminta tetap berada di rumah untuk menekan penyebaran virus corona, berlaku juga untuk kegiatan bekerja dan belajar.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas sudah mengumumkan takbiran dan shalat Idul Adha tahun ini dilakukan di rumah, tidak ada shalat di masjid atau lapangan pada wilayah PPKM Darurat.

Baca juga: Peluncuran aplikasi tertunda, Hyppe terus matangkan fitur

Pada Hari Raya Idul Adha juga dilakukan penyembelihan hewan kurban, yang biasanya diadakan di masjid. Demi menghindari kerumunan, berkurban melalui aplikasi seperti e-commerce dan dompet digital bisa menjadi alternatif untuk tetap beribadah kurban bagi yang mampu.

Penyedia aplikasi pada umumnya bekerja sama dengan badan amil zakat untuk mengadakan kurban online dan menyalurkan daging kurban.

Berikut ini kumpulan aplikasi yang bisa digunakan untuk kurban secara online.

1. umma

Platform untuk menunjang ibadah dan belajar agama ini memiliki program "Segera Kurban", bermitra dengan 11 yayasan. Program ini mempertemukan orang-orang yang ingin berkurban dengan lembaga atau yayasan yang melaksanakan dan menyalurkan kurban.

Kurban online di umma akan dilakukan oleh mitra, yaitu Digiternak, Human Initiative, Rumah Zakat, Baznas, kitabisa, ACT, Ruang Insan Berbagi, Rumah Qurban, Inisiatif Zakat Indonesia, Qurban Nusantara dan Digizakat.

Baca juga: Aplikasi PeduliLindungi tambah fitur untuk mobilitas aman

Daging kurban melalui program ini akan disalurkan secara beragam, sesuai dengan konsep masing-masing yayasan, seperti dikemas dalam daging kalengan, diberikan berdasarkan wilayah, disalurkan ke anak yatim piatu hingga dikirimkan ke Palestina.

2. LinkAja

Dompet digital ini menyediakan fitur kurban secara online melalui layanan Syariah LinkAja, di aplikasi yang sama.

Syariah LinkAja tahun ini bekerja sama dengan tujuh lembaga untuk menyalurkan hewan kurban agar bisa disalurkan secara tepat kepada orang-orang yang berhak menerima.

Lembaga yang bekerja sama dengan Syariah LinkAja yaitu Dompet Dhuafa, Rumah Zakat, Baznas, Bersedekah.com, Rumah Yatim, DT Peduli dan Baitul Wakaf.

Pengguna LinkAja bisa memilih menu Qurban di layanan Syariah LinkAja, lalu memilih lembaga dan bisa memilih langsung hewan kurban.

Baca juga: Daftar vaksinasi COVID-19 bisa lewat aplikasi Pulse

3. Gojek

Platform on-demand Gojek menyediakan fitur berkurban secara digital melalui layanan GoGive di aplikasi tersebut Pembayaran hewan kurban akan dilakukan lewat dompet digital GoPay.

Gojek menyediakan lebih dari 153 lokasi pilihan kurban atau pengguna bisa memilih langsung hewan kurban yang diinginkan.

Pengguna akan mendapatkan laporan lengkap tentang penyaluran daging kurban setelah pemotongan hewan kurban.

Gojek bekerja sama dengan berbagai lembaga untuk fitur kurban online ini, antara lain yaitu kitabisa.com, Baznas, Dompet Dhuafa, Rumah Yatim dan Rumah Zakat.

4. Lazada

Kurban secara online melalui aplikasi marketplace Lazada bisa ditemukan di kanal Lazada Amanah, kanal khusus produk Muslim yang terkurasi.

Fitur berkurban tersedia di menu Zakat, Infaq dan Sodaqah aplikasi tersebut. Lazada antara lain menggandeneg Dompet Dhuafa, ACT dan Rumah Zakat untuk program ini.

Baca juga: Mengapa penyelenggara aplikasi di Indonesia harus daftar di Kominfo?

5. Shopee

Program Shopee Berkurban akan berlangsung di aplikasi loka pasar Shopee sampai 22 Juli mendatang.

Penguna bisa memilih hewan kurban dan tipe penyaluran daging kurban seperti dalam bentuk kornet kaleng, rendang kalengan dan abon.

Program Shopee Berkurban bisa ditemukan di fitur Produk Digital, pilih Pulsa, Tagihan dan Hiburan di laman utama aplikasi Shopee, kemudian klik kurban.

Shopee menyediakan berbagai metode pembayaran, termasuk dengan dompet digital ShopeePay.

Shopee Berkurban menggandeng 10 mitra untuk menyalurkan daging kurban yaitu Baznas, Dompet Dhuafa, Rumah Zakat, EcoQurban, Inisiatif Zakat Indonesia, LAZ Al-Azhar, Nu Care Lazisnu, PKPU Human Initiative, Yayasan Berkah Nusantara dan Rumah Yatim.

6. Tokopedia

Berkurban secara digital di loka pasar Tokopedia bisa dilakukan langsung dari menu utama.

Klik ikon Lihat Semua untuk menampilkan layanan Qurban di platform tersebut. Tokopedia menyediakan pilihan hewan kurban kambing dan sapi untuk tahun ini.

Baca juga: Clubhouse versi Android muncul di Korea Selatan

Pengguna bisa memilih ukuran dan harga hewan sesuai dengan kemampuan, kemudian memilih lembaga untuk melakukan pemotongan hewan dan penyaluran daging kurban.

Tokopedia menyediakan pembayaran antara lain dengan dompet digital OVO dan LinkAja, kartu kredit, transfer akun virtual, cicilan dan secara tunai di beberapa gerai kerja sama.

Daging hewan kurban akan disalurkan sesuai dengan prioritas masing-masing yayasan yang bekerja sama dengan Tokopedia.

Untuk tahun ini, Tokopedia mengadakan program kurban bersama Baznas, Dompet Dhuafa, EcoQurban, Human Initiatives dan Rumah Zakat.

7. Bukalapak

Kurban online di aplikasi Bukalapak tersedia di menu Teladan Berqurban, dengan tampilan seperti hendak berbelanja online.

Di menu tersebut, pengguna bisa dengan leluasa memilih hewan kurban sapi maupun kambing sesuai dengan program yang ditawarkan masing-masing lembaga amil zakat.

Baca juga: Clubhouse perluas aplikasi untuk android ke lebih banyak negara

Setiap lembaga memiliki program yang berbeda untuk berkurban, mulai dari jenis hewan (sapi atau kambing), bobot, harga hingga pilihan untuk mendapatkan sertifikat fisik telah melakukan kurban online, yang akan dikirimkan ke alamat pengguna.

Sama seperti ketika belanja online, Bukalapak menyediakan pembayaran dengan dompet digital DANA, kartu kredit, transfer bank, maupun bayar tunai di minimarket yang bekerja sama.

Yayasan yang bekerja sama dengan Teladan Berqurban Bukalapak adalah Rumah Yatim, Baznas, Dompet Dhuafa, Rumah Zakat, Qurban Nusantara, NU Care Lazisnu, Prodombas MUI, Lazismu, Pusat Zakat Umat, Sebar Qurban, YDS Al-Falah dan Sinergi Foundation.

Bukalapak mengadakan promosi berupa voucher potongan harga dan diskon kilat Flash Deal secara berkala di Teladan Berqurban.

Baca juga: PrivyID gratiskan layanan tanda tangan digital selama PPKM darurat

Baca juga: Aplikasi umma buat program kurban digital, mulai Rp1,4 juta
Pewarta : Natisha Andarningtyas
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021