PLN normalkan kinerja gardu setelah cuaca ekstrem Kotamobagu

PLN normalkan kinerja gardu setelah cuaca ekstrem Kotamobagu

Tim PLN Kotamobagu memperbaiki jaringan listrik akibat tanah longsor, di Kotamobagu, Sabtu subuh. (1)

Manado (ANTARA) - PLN Suluttenggo secara bertahap menormalkan kembali seluruh sistem kelistrikan di gardu setelah cuaca ekstrem melanda Kotamobagu, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

"Kami secepatnya menormalkan kembali wilayah yang sebelumnya terdampak penghentian pasokan tenaga listrik sementara akibat banjir dan tanah longsor di Wilayah pelayanan PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Kotamobagu, Unit Layanan Pelanggan Inobonto sejak Jumat (16/07)," kata Manager PLN UP3 Kotamobagu Dasih Listyanto, di Manado, Sabtu.

Penormalan dilakukan setelah PLN memastikan kondisi infrastruktur kelistrikan di wilayah tersebut siap untuk dinyalakan dengan memperhatikan serta memprioritaskan keamanan dan keselamatan masyarakat.

“Terpantau pada Sabtu (17/07) pagi pukul 09.45 sistem kelistrikan sudah hampir normal secara keseluruhan, dari total Gardu Distribusi terdampak 25 unit yang telah normal 23 unit dan masih menyisakan 2 unit yang masih kami usahakan normal secepatnya” ujar Dasih.

Baca juga: Sudah 18 kantong jenazah dievakuasi dari longsor PETI Bakan

Baca juga: Gempa magnitudo 5,2 getarkan Kotamobagu Sulut


Selain itu, katanya, jumlah pelanggan yang terdampak yaitu sekitar 2.354 pelanggan serta yang sudah menyala 2.020 pelanggan dengan menyisakan 334 pelanggan yang masih alami penghentian pasokan tenaga listrik sementara.

"Kami mengimbau agar masyarakat tetap waspada dan hati-hati jika hujan kembali turun," ujar Dasih.

Dalam upaya pemulihan tersebut, PLN mengerahkan tim gabungan yang berasal dari Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Kotamobagu dan Unit Layanan Pelanggan Inobonto, dengan total personil yang diturunkan sebanyak 15 personil yang bekerja keras untuk mengupayakan pemulihan listrik dengan cepat.

"Untuk daerah yang masih alami penghentian pasokan tenaga listrik yaitu sebagian Komangaan Korit, karena petugas masih terkendala dengan adanya titik longsor yang masih belum ditangani. PLN akan terus bersiaga untuk mengantisipasi apabila kejadian serupa terjadi kembali, sehingga pemantauan di beberapa titik terus dilakukan," ujarnya.

Pelanggan dapat menghubungi PLN jika terjadi masalah pada sistem kelistrikan melalui aplikasi smartphone PLN Mobile, yang dapat diunduh di Google Playstore untuk Android atau App Store untuk iOS demi kemudahan layanan kapan saja dan dimana saja, Contact Center PLN 123 dengan cara menekan (kode area) 123, Facebook PLN 123, Twitter @pln_123, atau email PLN di pln123@pln.co.id.*

Baca juga: Gakkum LHK Wilayah Sulawesi tangkap lima pelaku tambang emas ilegal

Baca juga: Gempa Kotamobagu-Sulut akibat aktivitas subduksi Sangihe
Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021