Kota Palu (ANTARA) - Perum BULOG Sulawesi Tengah bersama Dinas Sosial Sulawesi Tengah mulai menyalurkan beras Cadangan Beras Pemerintah (CBP) melalui program Bantuan Beras PPKM.

“Program ini sesuai perintah Presiden melalui Menteri Sosial RI,” kata Pemimpin Wilayah Perum BULOG Sulawesi Tengah, Basirun, Senin.

Ia mengatakan pagu atau kebutuhan Sulawesi Tengah sebanyak 2.308.610 kg, yang diperuntukkan bagi 230.861 kepala Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dan setiap KPM menerima 10 kg.

Basirun menambahkan, data bay name bay address (BNBA) atau sesuai nama dan alamat yang diberikan Kementerian Sosial kepada BULOG, jumlah KPM tersebut terdiri dari Program Keluarga Harapan (PKH) sebanyak 139.435 KPM dan program Bantuan Sosial Tunai (BST) sebanyak 91.426 KPM.

Baca juga: CORE harapkan akurasi data penerima bansos untuk percepat penyaluran

Baca juga: Pemprov Kepri mulai menyalurkan bantuan beras PPKM Darurat


“Adapun jumlah KPM untuk Kota Palu yang telah disalurkan pada hari Ahad lalu (18/7) adalah sebanyak 23.015 KPM, yaitu 16.622 KPM PKH dan 6.993 KPM BST, dengan alokasi setiap KPM 10 kilogram beras medium CBP,” ujarnya.

Dalam penyaluran bantuan beras PPKM tersebut selain dengan Dinas Sosial Provinsi dan Kabupaten/Kota juga dilakukan pengawalan oleh BPKP Perwakilan Sulawesi Tengah agar penyalurannya tepat sasaran.

Sementara itu Kepala Perwakilan BPKP Sulawesi Tengah, Beligan Sembiring yang hadir pada acara peluncuran tersebut mengatakan akan mengawal penyaluran bantuan PPKM yang diberikan Kementerian Sosial melalui Perum BULOG dan PT Pos.

Keduanya berharap agar penyaluran bantuan tersebut segera dilakukan di seluruh Kabupaten/Kota se Sulawesi Tengah. “Pasti sangat dibutuhkan oleh masyarakat atau KPM. Kami harap dapat tersalurkan dengan baik,” ucap Beligan.*

Baca juga: Bulog NTB salurkan 5.200 ton beras kepada warga terdampak PPKM

Baca juga: Bulog mulai salurkan bantuan beras PPKM

Pewarta: Rangga Musabar
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021