Dengan gotong royong yang dilandasi semangat pengorbanan, akan lebih mudah bagi bangsa Indonesia melewati pandemi.
Surabaya (ANTARA) - DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kota Surabaya berharap Hari Raya Kurban 2021 bisa menjadi semangat pengorbanan dalam menghadapi pandemi COVID-19.

"Selamat Iduladha 1442 Hijriah untuk seluruh umat Islam. Semoga hari yang sangat penting ini mampu melipatgandakan semangat pengorbanan di antara warga untuk membantu sesama menghadapi pandemi COVID-19," kata Ketua DPC PDIP Kota Surabaya Adi Sutarwijono di Surabaya, Selasa.

Menurut dia, hikmah Iduladha (Hari Raya Kurban) berupa semangat untuk selalu rela berkorban sangat relevan dalam menghadapi pandemi COVID-19 saat ini.

Adi mengatakan bahwa Lebaran Besar ini menjadi inspirasi untuk terus bergotong royong di tengah penuh keprihatinan saat ini.

Dengan gotong royong yang dilandasi semangat pengorbanan, menurut dia, akan lebih mudah bagi bangsa Indonesia melewati pandemi.

"Semangat Islam sebagai rahmat bagi seluruh semesta alam, membumi dalam semangat pengorbanan, membantu sesama, berjalan beriringan dalam suka dan duka untuk menggapai rida Ilahi," kata Adi yang juga Ketua DPRD Kota Surabaya.

Adi mengajak semuanya untuk berdoa agar pandemi bisa segera berlalu sehingga kehidupan keagamaan, kesehatan, sosial, pendidikan, dan ekonomi bisa kembali pulih, termasuk aktivitas keagamaan, seperti beribadah haji yang tahun ini kembali tidak bisa dijalankan.

"Umat Islam telah merindukan untuk kembali ke Tanah Suci. Datangnya Iduladha membuat kerinduan itu makin kuat karena momen inilah dijalankan rangkaian ibadah haji," kata Adi.

Pada Lebaran Haji kali ini, DPC PDIP Surabaya menyembelih hewan kurban hasil gotong royong para kader dan anggota para kader PDIP, termasuk Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Surabaya, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, dan Wakil Wali Kota Surabaya Armuji.

Dikatakan pula bahwa hewan disembelih secara syariat dan dilaksanakan di Perusahaan Daerah Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Pegirian Surabaya sesuai dengan aturan, termasuk displin mematuhi protokol kesehatan.

"Dagingnya dibagikan kepada warga yang membutuhkan," kata Adi.

Baca juga: Harga daging sapi dan kambing di Jakarta naik saat Iduladha

Baca juga: Hari Raya Iduladha di Niujie tanpa pemotongan hewan kurban

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2021