Jayapura (ANTARA) - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Papua berencana menggelar vaksinasi gratis bagi pedagang kecil dan UMKM di wilayahnya.

Ketua Kadin Provinsi Papua Ronald Antonio Bonai di Jayapura, Rabu, mengatakan penyelenggaraan vaksinasi gratis ini juga dalam rangka mendukung kebijakan Gubernur Lukas Enembe guna mencegah penularan dan penyebaran COVID-19.

"Kadin pada 23-24 Juli 2021 akan melakukan vaksinasi gratis yang diperuntukkan bagi pedagang kecil dan UMKM serta juga masyarakat umum, kami lakukan itu untuk membantu pemerintah," katanya.

Menurut Ronald, targetnya 400 orang yang akan divaksinasi, di mana untuk menghindari kerumunan dalam menegakkan protokol kesehatan maka dalam satu hari hanya dibatasi bagi 200 warga.

Baca juga: Jangan terhasut, warga Papua Barat diimbau tak menolak vaksin COVID-19

"Kami dari Kadin juga mendukung kebijakan gubernur mengenai penutupan akses pelabuhan dan bandara karena yang ditutup adalah akses transportasi manusia, jadi transportasi barang dan logistik tetap jalan, kebutuhan masyarakat tidak akan terganggu," ujarnya.

Dia menjelaskan ini seperti pada awal pandemi dan tidak berdampak luar biasa tapi dampaknya sangat bagus untuk pengendalian COVID-19 karena yang membuat terjadinya penularan adalah mobilitas manusia.

"Sekarang yang diantisipasi adalah penyebaran varian baru, kebijakan ini sangat baik untuk memproteksi masyarakat di Papua guna menyambut kegiatan besar, yaitu PON pada Oktober 2021," katanya lagi.

Dia menambahkan memang harus bersama-sama mendukung program pemulihan ekonomi nasional, pasalnya, jika kesehatannya pulih ekonominya bangkit, di mana kalau angka penularan COVID-19 tidak bisa dikendalikan maka ekonomi tidak bisa bangkit.

Baca juga: TNI AL gelar vaksinasi bagi 500 warga Katapop Kabupaten Sorong
Baca juga: TNI vaksinasi COVID-19 pada 333 warga Merauke-Papua

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2021