PPKM bagi masyarakat tentu berdampak luas terhadap perputaran roda ekonomi masyarakat Bangli
Bangli, Bali (ANTARA) -
Bupati Bangli dan wakilnya menyumbangkan satu bulan gajinya untuk dibelanjakan sembako kemudian diberikan ke warganya, sementara seluruh aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemda Bangli mendonasikan Rp100.000 dibelikan paket sembako untuk diberikan kepada warga Bangli.

"PPKM bagi masyarakat tentu berdampak luas terhadap perputaran roda ekonomi masyarakat Bangli di tengah situasi pandemi COVID-19 saat ini. Selain dengan program vaksinasi massal dan penerapan protokol kesehatan, Pemkab Bangli yang dinakhodai beserta Forkopimda, Anggota DPRD dan seluruh pimpinan OPD telah sepakat untuk menyalurkan bantuan sembako bagi seluruh masyarakat Bangli," kata Bupati Sedana Arta di Bangli, Rabu.

Baca juga: Ribuan ikan nila di Danau Batur Bali mati keracunan belerang
 
Pemkab Bangli, salah satu kabupaten di Provinsi Bali menyalurkan ribuan paket sembako ke warganya guna mengurangi kesulitan ekonomi masyarakat, sebagai respons cepat terkait dengan perpanjangan PPKM pada 21-25 Juli 2021.
.
Penyaluran sembako ini dilakukan dengan mengajak seluruh ASN di lingkungan Pemkab Bangli dengan semangat bergotong-royong untuk menyumbangkan masing-masing satu paket sembako seharga Rp100 ribu untuk level staf yang pengumpulannya dikoordinir oleh pimpinan OPD masing-masing, tambah Bupati.

Sedangkan untuk level pimpinan disepakati bervariasi, bahkan Bupati dan Wakil Bupati Bangli siap untuk menyumbangkan seluruh gajinya selama satu bulan untuk dibelikan paket sembako.

Baca juga: Ratusan warga lansia di Bangli-Bali ikuti vaksinasi AstraZeneca

Jadi, kurang lebih akan terkumpul sekitar 6.000 paket sembako yang akan dibagikan kepada seluruh masyarakat yang terdampak. Gerakan ini juga akan terus membesar dan diharapkan menjadi gerakan masif seiring dengan adanya himbauan kepada seluruh pengusaha dan toko-toko modern seperti Indomaret dan Alfamart yang ada di Bangli untuk ikut berkontribusi bergotong-royong membantu masyarakat Bangli.

Paket sembako yang akan disebarkan bisa mencapai di atas 7000 paket.
Dalam keterangannya, Bupati Sedana Arta menyampaikan bahwa gerakan ini adalah bentuk kepedulian Pemkab Bangli terhadap masyarakat di tengah situasi sulit saat ini.

Di satu sisi masyarakat dibatasi aktivitas sosial ekonominya untuk memutus rantai penyebaran COVID-19, akan tetapi di sisi lain masyarakat juga harus terjamin kebutuhan pokoknya. Untuk itu, sejalan dengan Visi Pembangunan “Nangun Sat Kerthi Loka Bali di Kabupaten Bangli”, khususnya pada misi pertama yaitu :

Baca juga: Bupati Bangli pantau vaksinasi COVID-19 agar target tercapai

“Menjamin terpenuhinya kebutuhan pangan, sandang, dan papan dalam jumlah dan kualitas yang memadai bagi kehidupan Krama Bangli”, maka dengan semangat gotong-royong dan rasa kepedulian terhadap sesama,

Bupati Bangli mengajak seluruh ASN di lingkungan Pemkab Bangli untuk menyisihkan sedikit gaji bulanannya untuk disumbangkan dalam bentuk paket sembako kepada seluruh masyarakat Bangli yang terdampak. Semoga gerakan ini menjadi pemicu untuk menggugah masyarakat yang mampu untuk bersama-sama bahu-membahu membantu sesama.

Baca juga: Pemkab Bangli perpanjang pelayanan UHC dengan BPJS Kesehatan
 

Pewarta: Adi Lazuardi
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021