Jakarta (ANTARA) - Kaisar Jepang Naruhito menerima kunjungan kehormatan dari ibu negara Amerika Serikat (AS) Jill Biden dan pejabat asing lainnya di Istana Kekaisaran menjelang upacara pembukaan Olimpiade Tokyo nanti malam, seperti dilaporkan Kyodo, Jumat.

Kunjungan tersebut merupakan pertama kalinya kaisar bertemu dengan ibu negara, yang memimpin delegasi AS dalam upacara pembukaan yang akan digelar di Stadion Nasional tanpa penonton umum karena Tokyo tengah berada dalam keadaan darurat COVID-19.

Kaisar dijadwalkan untuk menghadiri upacara pembukaan di mana dia mendapat peran sebagai pelindung kehormatan Olimpiade dan Paralimpiade, yang tertunda selama satu tahun karena pandemi virus corona.

Sebelum bertemu kaisar, Jill Biden bertemu dengan ibu negara Jepang Mariko Suga di State Guest House yang berlokasi di pusat kota Tokyo, sebuah bangunan yang didirikan pada 1909 yang juga disebut Istana Akasaka.

Baca juga: Ibu Negara Amerika Serikat tiba di Tokyo hadiri pembukaan Olimpiade 
Baca juga: PM Jepang memulai diplomasi Olimpiade, bertemu ibu negara AS 


Jill Biden mengenakan pin yang merupakan hadiah dari Suga ketika suaminya, Perdana Menteri Yoshihide Suga, mengunjungi Gedung Putih pada April, menurut juru bicara Biden. 

Pemerintah Jepang awalnya mengharapkan lebih banyak pemimpin dunia mengunjungi Tokyo untuk upacara pembukaan Olimpiade Tokyo. Namun jumlahnya saat ini dibatasi hanya sekitar 15 orang, termasuk Presiden Prancis Emmanuel Macron.

Macron, yang negaranya akan menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas 2024, adalah satu-satunya kepala negara dari negara-negara G7 yang menghadiri upacara pembukaan Olimpiade. 

Sementara itu, kasus COVID-19 harian dilaporkan naik ke level tertinggi dalam enam bulan, yakni 1.979 kasus pada Kamis. 

Baca juga: Kirab obor Olimpiade berakhir di Tokyo sebelum upacara pembukaan 
Baca juga: Emmanuel Macron tiba di Tokyo untuk upacara pembukaan Olimpiade 
Baca juga: Pembawa bendera kirim pesan kesetaraan dan lawan rasisme di pembukaan 

 

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2021