"lossless quality" dan "spatial audio" Apple Music hadir di Android

Ilustrasi - Apple Music. ANTARA/Pexels.

Jakarta (ANTARA) - Pendengar Apple Music di Android kini dapat memanfaatkan fitur “spatial audio” Dolby Atmos dan juga fitur “lossless quality” di aplikasi mereka setelah sebelumnya dua fitur itu terlebih dahulu debut di iOS, iPadOS, dan macOS sebulan yang lalu.

Dengan fitur “lossless quality” pengguna aplikasi Apple Music bisa melakukan streaming dengan kualitas terbaik karena musik yang diputar bukanlah file compressed yang selama ini umum dilakukan pada file musik untuk diakses daring.

Melansir The Verge, Sabtu, untuk fitur “lossless quality” seharusnya sudah tersedia secara global di perangkat Android.

Pengguna akan menerima notifikasi bahwa untuk menikmati kualitas tertinggi dari audio itu akan memakan banyak penggunaan data seluler.

Apple Music menyarankan bahwa perangkat keras eksternal seperti DAC diperlukan jika Anda ingin meningkatkan resolusi tanpa kehilangan.

Selanjutnya fitur “spatial audio” Dolby Atmos merupakan fitur yang memungkinkan pendengar merasakan sensasi audio selayaknya menikmati suara seperti di bioskop dan suara itu seolah- olah berada di sekeliling pendengar.

Fitur “spatial audio” dari Apple Music untuk pengguna Android nampaknya masih terbatas.

Meski fitur ini bisa berfungsi dengan baik menggunakan jenis headphone apapun namun fitur ini hanya bisa digunakan pada ponsel yang mendukung Dolby Atmos untuk mengaktifkan “audio spatial”.

Baca juga: Apple Music bakal berikan pilihan kualitas audio baru

Baca juga: Layanan Apple pecahkan rekor pendapatan, optimistis pada 2021

Baca juga: Apple Music kini tersedia perangkat Google Assistant

Pewarta : Livia Kristianti
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2021