BCA beberkan tiga dukungan bank dalam memajukan UMKM

BCA beberkan tiga dukungan bank dalam memajukan UMKM

Perajin menyelesaikan pembuatan kerajinan perahu layar berbahan bambu di workshop Aliebambuart, Desa Randumulya, Pedes, Karawang, Jawa Barat, Sabtu (24/7/2021). ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar/aww. (ANTARA FOTO/Muhamad Ibnu Chazar)

Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden Direktur PT Bank Central Asia (BCA) Suwignyo Budiman menyebutkan setidaknya terdapat tiga dukungan bank dalam memajukan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

"Sinergi antara bank dengan UMKM ini harus terus ditingkatkan," ucap Suwignyo dalam diskusi daring di Jakarta, Minggu.

Ia mengatakan ketiga peran bank dalam mendukung pelaku usaha kecil tersebut yakni layanan transaksi keuangan, layanan pembiayaan, dan pembinaan.

Baca juga: BCA raup laba bersih semester I 2021 Rp14,45 triliun

Layanan transaksi keuangan meliputi transaksi pembayaran, efisiensi kegiatan operasional, akses pasar dan ekonomi digital, promosi produk UMKM, serta layanan lainnya.

Suwignyo berpendapat bahwa layanan transaksi keuangan erat kaitannya dengan digitalisasi, maka dari itu perbankan terus melakukan digitalisasi guna mendukung transaksi UMKM.

"Kebutuhan UMKM yang paling banyak sebenarnya memang transaksi sehingga kami dukung itu," tegasnya.

Baca juga: Presdir BCA tak ingin BCA Digital buru-buru IPO

Selanjutnya, layanan pembiayaan yang juga diberikan untuk mendukung pertumbuhan UMKM. Untuk itu, ia menilai bahwa tidak benar jika ada perbankan yang malas menyalurkan kredit mengingat sumber pendapatan utama perbankan salah satunya yakni bisnis kredit.

Kemudian, lanjut dia, terdapat pembinaan yang meliputi edukasi, pendampingan, penyesuaian bisnis atau promosi, dan bantuan langsung.

"Bantuan pembinaan terutama untuk kelompok UMKM yang memerlukan dalam meningkatkan kapasitas usaha ini memang sangat diperlukan," kata Suwignyo.

Baca juga: Gubernur BI sebut perbankan telah salurkan kredit UMKM Rp1.150 triliun

Baca juga: Airlangga dorong perbankan naikkan target kredit UMKM hingga 35 persen
Pewarta : Agatha Olivia Victoria/Satyagraha
Editor: Satyagraha
COPYRIGHT © ANTARA 2021