Enam penumpang perahu motor dinyatakan hilang, ditemukan selamat

Enam penumpang perahu motor dinyatakan hilang, ditemukan selamat

Enam orang penumpang perahu motor cepat yang sempat dinyatakan hilang sejak Rabu (21/7/2021) ditemukan dalam kondisi selamat di Pulau Yapero, dekat Kampung Otakwa, Distrik Mimika Timur Jauh pada Minggu (25/7/2021). ANTARA/HO-SAR Timika.

Timika (ANTARA) - Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika, Papua melaporkan bahwa enam orang penumpang yang ikut dalam pelayaran perahu motor cepat yang berangkat dari Timika menuju Agats-Asmat pada Rabu (21/7) yang sempat dinyatakan hilang, telah ditemukan dalam kondisi selamat di Pulau Yapero, dekat Kampung Otakwa, Distrik Mimika Timur Jauh.

Kakansar Timika George Mercy L Randang di Timika, Senin, mengatakan, enam penumpang perahu motor itu baru ditemukan pada Minggu (25/7) sekitar pukul 09.00 WIT berada di Pulau Yapero, perairan Otakwa oleh awak dari sebuah kapal ikan.

"Pagi ini seluruh penumpang telah dievakuasi ke Kampung Otakwa dari Pulau Yapero dan selanjutnya akan dievakuasi ke Agats Asmat, dan dijemput oleh keluarga korban bersama masyarakat, personel Pos SAR Asmat, TNI AL, Polairud dan TNI AD," kata George.

Baca juga: Penumpang perahu terbawa arus di Asmat ditemukan selamat

Adapun identitas enam kru yang ikut dalam pelayaran dengan perahu motor cepat yang sempat dinyatakan hilang tersebut, yakni terdiri atas Sirwan, Sugu, Ratu, Sankala, Sudirman dan seorang  Ibu, nernama Mely.

Hingga kini Tim SAR gabungan dari Timika yang dipimpin oleh Kasubsi Operasi SAR Timika Syahril masih berada di Pulau Yapero dan Kampung Otakwa.

Baca juga: Tim SAR Asmat evakuasi penumpang perahu motor di Muara Uwus

George menyebut, informasi yang simpang siur dari masyarakat dan kendala geografis menyulitkan petugas untuk dapat melaporkan secara cepat setiap perkembangan yang terjadi selama proses pencarian para korban.

"Kami mohon maaf atas terlambatnya perkembangan informasi pencarian karena staf humas bersama tim yang lain masih di daerah operasi SAR sehingga terkendala jaringan," kata George.

Baca juga: SAR Biak masih cari tiga penumpang perahu motor di Perairan Kurudu
Baca juga: SAR masih cari enam penumpang perahu motor terbalik di Merauke
Pewarta : Evarianus Supar
Editor: Tunggul Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2021