Mekkah (ANTARA News) - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Daerah Kerja (Daker) Mekkah menyiapkan 170 petugas transportasi jamaah haji yang akan bertugas mulai 20 Oktober.

Kesiapan itu ditunjukkan dalam apel siaga para petugas transportasi yang dipimpin oleh Kepala Daker Makkah, Cepi Supriyatna, Selasa siang.

Sesuai jadwal, jamaah kloter awal akan meninggalkan Madinah untuk melakukan umrah di Makkah pada Rabu (20/10).

Dalam memanfaatkan transportasi untuk keperluan umrah perdana itu, mereka akan dipandu oleh 50 petugas transportasi tawaf perdana yang mengenakan rompi berwarna oranye.

Selain itu, 120 petugas yang mengenakan rompi hijau muda akan bertugas memandu jamaah menggunakan transportasi regular dari rumah pemondokan ke Masjidil Haram.

Setiap "shift" (giliran), sebanyak 20 orang akan bertugas di terminal Mahbas Jin, 20 orang akan bertugas di terminal Maulid Nabi, depan Masjidil Haram dari pintu Bab Ali, dan sisanya disebar di masing-masing "shelter" di depan rumah pemondokan jamaah di pinggir jalan.

"Kami akan bertugas dalam dua "shift", masing-masing selama 12 jam kerja," ujar Yani, anggota Kwarnas Pramuka yang menjadi petugas transportasi di Mahbas Jin. (E001/A038)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010