Serang (ANTARA) - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menyerahkan bantuan Kredit Usaha Rakyat (KUR) tahun 2021 sebesar Rp1 miliar kepada para petani di Kabupaten Serang guna meningkatkan produktivitas sehingga stok pangan pada masa pandemi COVID-19 aman dan kesejahteraan petani pun meningkat.

"Hari ini saya hadir di Serang dalam rangka memastikan produktivitas dan ketahanan pangan khususnya pada penggilingan bisa bergerak menyerap gabah untuk diproduksi menjadi beras dan juga seperti apa serapan gabah yang ada. Di satu sisi, kehadiran saya juga untuk memastikan perintah Bapak Presiden untuk membantu petani berjalan optimal," kata Mentan Syahrul Yasin Limpo usai menyerahkan KUR dan meninjau RMU serta sekaligus panen padi di Desa Julang, Kecamatan Cikande, Kabupaten Serang, Banten, Selasa.

Ia menegaskan bahwa Kementerian Pertanian di tengah kondisi pandemi seperti ini masih terus menggenjot penyerapan KUR agar semakin tinggi.

Baca juga: Mentan: Serapan KUR pertanian menyesuaikan musim tanam

Sehingga, program yang menjadi salah satu instrumen kebijakan pemerintah itu dapat berjalan meningkatkan pertumbuhan ekonomi dasar masyarakat dan menjadi penopang perekonomian nasional.

"Bapak Presiden Jokowi perintahkan kepada para menteri untuk turun ke lapangan, khususnya Menteri Pertanian untuk memastikan secara langsung seperti apa penyaluran KUR di setiap daerah," katanya.

Ia berharap, kepada Gubernur dan Bupati setempat untuk sama-sama mendorong agar KUR bisa diserap lagi masyarakat menjadi lebih cepat. Dengan begitu, ekonomi dasar yang ada di semua daerah dapat berputar lebih cepat dan memperkuat ekonomi dasar yang berkaitan dengan pangan.

"Hari ini kita gulirkan KUR Rp1 miliar di Kabupaten Serang, tetapi bantuan alokasi KUR untuk Provinsi Banten di tahun 2021 ini sebesar Rp1,7 triliun. Untuk itu, di musim tanam II ini, serapan KUR agar bisa dipercepat," katanya.

Baca juga: Mentan: Proses tanam-panen padi terus berlangsung di beberapa daerah

Sebelumnya, kata Mentan, pada tahun 2021 ini pemerintah menyiapkan dana KUR pertanian sebesar Rp70 triliun. Realisasi penyerapan KUR pertanian hingga saat ini mencapai Rp42,6 triliun atau 60,8 persen. Untuk Provinsi Banten sendiri telah menyerap sebesar Rp64.6 miliar dari target Rp 1,17 triliun.

"Dengan serapan yang cukup tinggi tersebut KUR sektor pertanian ini layak untuk terus digulirkan guna meningkatkan produktivitas petani dan memperkuat perekonomian masyarakat, khususnya di masa pandemi covid 19 ini," kata Syahrul.

Dalam kunjungannya ke wilayah Kabupaten Serang, Mentan SYL berkesempatan menyerahkan bantuan benih padi, benih semangka, pupuk cair, combine harvester dan penggilingan padi (rice milling unit/RMU). Dengan total bantuan kegiatan utama Kementan untuk Provinsi Banten tahun 2021 sebesar Rp73,8 miliar dan Kabupaten Serang Rp 8,46 miliar.***1***

Baca juga: Mentan kunjungi penggilingan padi Cibitung pastikan proses panen aman
Baca juga: Mentan cek persawahan di Jabar pastikan stok beras aman
Baca juga: Kementan pastikan stok beras aman dan harga stabil saat PPKM

Pewarta: Mulyana
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2021