Jakarta (ANTARA) - Timnas Korea Selatan berhasil lolos ke perempat final Olimpiade Tokyo 2020 cabang sepak bola putra sebagai juara Grup B seusai mengalahkan Honduras 6-0 di laga ketiga fase grup.

Dikutip dari situs resmi Olimpiade, pertandingan antara Korea Selatan menghadapi Honduras ini digelar di Stadion Yokohama, Rabu sore waktu setempat.

Korea Selatan langsung mengambil inisiatif menyerang di laga ini ketika waktu baru berjalan 1 menit usai Dongjun Lee melepaskan tembakan yang masih diblok oleh kiper Honduras.

Selang beberapa menit, Honduras yang baik mengancam gawang Korea Selatan melalui Luis Palma dan Jose Reyes namun usaha mereka belum ada yang menemui hasil.

Selanjutnya Korea Selatan mendapatkan hadiah penalti ketika Dongjun Lee dilanggar oleh pemain bertahan Honduras Wesly Decas.

Uijo Hwang yang maju sebagai eksekutor menjalankan tugasnya dengan baik dan membawa Korea Selatan unggul 1-0 di menit 12.

Korea Selatan bisa kembali unggul melalui titik putih usai Taewook Jeong dilanggar oleh Carlos Melendez pada menit 17.

 
Pemain Korsel Kim Jin-Ya mencetak gol kelima Korsel setelah berhasil mengecoh kiper Honduras Alex Guity pada babak penyisihan grup B sepak bola putra Olimpiade Tokyo 2020 di International Stadium Yokohama, Yokohama, Jepang, 28 Juli 2021 (ANTARA/REUTERS/HANNAH MCKAY)


Baca juga: Atlet Korsel di Olimpiade, dari peraih medali hingga bintang "variety"

Selanjutnya Dujae Won didaulat sebagai eksekutor penalti dan berhasil melesakkan gol yang membuat Korea Selatan unggul 2-0.

Unggul 2-0, membuat Korea Selatan lebih leluasa menguasai pertandingan dan sebelum turun minum, Uijo Hwang menambah keunggulan yang membuat skor berubah menjadi 3-0.

Pada babak kedua, Korea Selatan lebih leluasa menguasai pertandingan dan berhasil mencetak 3 gol lainnya. Tiga gol lainnya ini dicetak oleh Uijo Hwang menit 45 (pen), Jinya Kim menit 64 dan Kangjin Lee menit ke 82.

Hingga pertandingan usai, akhirnya Korea Selatan berhasil menang 6-0 atas Honduras dan memastikan diri lolos ke babak perempat final dengan status juara Grup B.

Korea Selatan didampingi oleh Selandia Baru yang bermain imbang 0-0 melawan Rumania namun masih unggul dalam urusan selisih gol.

Baca juga: Jadwal Olimpiade sepak bola putra: Tim-tim besar masih belum aman
Baca juga: Jerman gagal lolos ke perempatfinal usai diimbangi Pantai Gading 1-1
Baca juga: Juarai Grup D, Brazil ke perempatfinal usai menang 3-1 atas Arab Saudi

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021