Banyak sekali lapisan masyarakat yang kini tidak mempunyai rumah layak huni dan tidak mempunyai rumah untuk isoman, sehingga alokasi anggaran untuk anggota dewan itu lebih tepat diarahkan untuk masyarakat yang lebih membutuhkan
Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi VII DPR Dyah Roro Esti menolak dengan tegas adanya kebijakan pemberian fasilitas hotel bintang tiga bagi anggota legislatif hingga staf yang tengah menjalani isolasi mandiri (isoman) COVID-19.

"Banyak sekali lapisan masyarakat yang kini tidak mempunyai rumah layak huni dan tidak mempunyai rumah untuk isoman, sehingga alokasi anggaran untuk anggota dewan itu lebih tepat diarahkan untuk masyarakat yang lebih membutuhkan," katanya dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Menurut Roro Esti, alokasi anggaran tersebut lebih tepat dan jauh lebih bermanfaat untuk masyarakat yang memang membutuhkan di daerah pemilihan masing-masing Anggota DPR.

Namun demikian, ia berpendapat jikapun fasilitas tetap diteruskan, maka ada baiknya kriterianya lebih diperjelas.

Misalkan, fasilitas dapat diberikan pada asisten rumah tangga, staf, atau office boy yang betul-betul tidak mempunyai rumah layak huni dan membutuhkan bantuan tersebut.

"Tapi, bagi mereka yang mampu dan gejala COVID masih ringan,  lebih baik jatahnya diberikan untuk yang membutuhkan," katanya.

Begitupun, lanjut Roro Esti, jika tempat perawatan atau penginapan ini diperuntukan bagi pejabat negara yang kondisinya kritis atau bergejala berat, maka fasilitas tersebut cukup manusiawi,  mengingat sejumlah pejabat negara meninggal dunia karena tidak mendapatkan tempat perawatan yang tepat.

Alumni Imperial College London ini mengatakan penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4 ini telah berdampak pada ekonomi masyarakat.

Oleh karena itu, lanjutnya, penerapan PPKM yang bertujuan menekan laju kasus COVID-19 di Tanah air, harus tetap menghitung dampaknya pada masyarakat.

Saat ini, menurut Roro Esti, Indonesia sedang berada dalam situasi luar biasa yang membutuh langkah dan kebijakan yang juga luar biasa oleh semua pihak, termasuk parlemen.

"Akan jauh lebih bijak dan dirasa tepat sasaran, apabila alokasi anggaran fasilitas hotel tersebut lebih berpihak pada program strategis dalam membantu masyarakat di seluruh Indonesia," ucap politisi milenial dari Partai Golkar tersebut.

Roro Esti berharap kebijakan Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR RI tersebut dikaji ulang dan anggarannya dialokasikan dengan lebih bijak untuk kemaslahatan masyarakat Indonesia.

Sebelumnya, Setjen DPR menyebutkan akan memberikan fasilitas hotel bintang tiga bagi anggota legislatif hingga staf yang tengah menjalani isolasi mandiri COVID.

Dalam surat tertanggal 26 Juli 2021 yang diteken Sekretaris Jenderal DPR Indra Iskandar, disebutkan bahwa Setjen telah bekerja sama dengan beberapa hotel untuk menyediakan fasilitas isolasi dan karantina bagi anggota legislatif.

Baca juga: Anggota DPR: Fasilitas isoman di hotel sakiti hati rakyat

Baca juga: F-NasDem tolak fasilitas isoman hotel bintang tiga

Baca juga: F-PPP tak akan gunakan fasilitas isoman DPR di hotel

Baca juga: F-PKS usulkan fasilitas DPR jadi tempat "isoman"

 

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2021