Danlanud Supadio ajak prajurit bantu masyarakat di tengah pandemi

Danlanud Supadio ajak prajurit bantu masyarakat di tengah pandemi

Komandan Lanud Supadio Marsma TNI Deni Hasoloan Simanjuntak bersama jajarannya melakukan ziarah makam pada peringatan hari bhakti tni au (Istimewa)

Pontianak (ANTARA) - Komandan Lanud Supadio Marsma TNI Deni Hasoloan Simanjuntak mengajak seluruh prajurit TNI AU yang ada di satuannya untuk meningkatkan pengabdian kepada masyarakat di tengah pandemi COVID-19 yang masih melanda saat ini.

"Untuk memaknai peringatan Hari Bakti TNI AU ke-74 tahun ini, saya mengajak seluruh prajurit untuk meningkatkan pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara ini yang masih dilanda pandemi COVID-19," kata Danlanud Supadio di Sungai Raya, Jumat.

Dia mengatakan, pada peringatan Hari Bakti TNI AU ke-17 dilakukan untuk mengenang dua peristiwa heroik bersejarah pada tanggal 29 Juli 1947 yaitu keberhasilan operasi udara pertama TNI AU sejak berdiri tahun 1946 dan gugurnya 3 perintis TNI AU dalam pesawat Dakota VT-CLA yang ditembak jatuh.

Baca juga: Kasau: Rela berkorban esensi peringatan Hari Bakti TNI AU

Melalui dua peristiwa bersejarah tersebut setiap tahunnya pada tanggal 29 Juli, TNI AU secara rutin memperingati Hari Bakti sebagai wujud penghargaan kepada para perintis TNI AU dan menanamkan nilai luhur semangat perjuangan dalam diri setiap insan TNI AU dalam penugasan di masa kini.

"Saat ini kita memang tidak berada di situasi peperangan, namun kita masih berada di tengah pandemi, di mana menjadi salah kewajiban kita untuk membantu negara ini agar bisa segera keluar dari pandemi COVID-19 yang masih mewabah," tuturnya.

Deni menambahkan, sehari menjelang peringatan ke-74 Hari Bakti TNI AU tahun 2021, dirinya juga memimpin ziarah rombongan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Dharma Patria Jaya, Kubu Raya.

Ziarah tersebut merupakan sebuah refleksi diri untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang rutin dilaksanakan saat peringatan hari-hari besar bersejarah.

Sesaat setelah melakukan tabur bunga di pusara pahlawan, Danlanud mengatakan bahwa ziarah rombongan dilakukan untuk mengenang perjuangan para pendahulu TNI AU.

Melalui dua peristiwa bersejarah tersebut, TNI AU secara rutin memperingati Hari Bakti setiap tahunnya untuk terus menanamkan nilai luhur dalam diri setiap insan TNI AU sebagai pedoman pengabdian dalam setiap penugasan.

Baca juga: Freddy Numberi ingatkan masyarakat Papua waspadai provokasi
Baca juga: Insiden Merauke Pangkoopsau III minta maaf kepada masyarakat Papua
Pewarta : Rendra Oxtora
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2021