Nakes Kanwil Kumham DKI diminta perkuat vaksinator Jakarta Utara

Nakes Kanwil Kumham DKI diminta perkuat vaksinator Jakarta Utara

Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim (kanan) menyambut kedatangan Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi DKI Jakarta Marcelina Budiningsih (tengah) di halaman Kantor Wali Kota Jakarta Utara, Jumat (30/7/2021). ANTARA/Abdu Faisal.

Jakarta (ANTARA) - Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim meminta tenaga kesehatan di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kumham) Provinsi DKI Jakarta  untuk memperkuat tenaga vaksinator yang dimiliki Pemerintah Kota Jakarta Utara.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kumham DKI Jakarta Marcelina Budiningsih mengatakan pihaknya siap bersinergi dengan Pemerintah Kota Jakarta Utara dalam kegiatan penanganan  COVID-19 di wilayah setempat kapan saja dibutuhkan.

"Seperti dikatakan tadi, Pak Wali Kota (Jakarta Utara) membutuhkan vaksinator. Segera saya laporkan untuk para dokter, kapan bapak membutuhkan, kami dapat membantu di wilayah Jakarta Utara," kata Marcelina saat kegiatan penyaluran 500 paket bantuan sosial Kementerian Hukum dan HAM di halaman Kantor Wali Kota Jakarta Utara, Jumat.

Baca juga: Wagub DKI: Surat vaksin saat makan agar warga mau divaksin

Marcelina mengatakan ikatan tali kasih Kanwil Kumham DKI Jakarta kepada Jakarta Utara tidak berhenti sampai pendistribusian bantuan sosial saja, namun harapannya bisa terus bekerja sama dalam menanggulangi pandemi COVID-19 di wilayah tersebut.

Lebih lanjut, Kepala Kantor Imigrasi Jakarta Utara Sandi Andaryadi mengatakan pihaknya akan bersinergi dengan Pemerintah Kota Jakarta Utara dalam penanggulangan COVID-19 melalui dukungan tenaga vaksinator di wilayah tersebut.

"Ada beberapa dokter dan perawat yang saat ini mereka bertugas di Lembaga Pemasyarakatan, Rumah Tahanan dan Rumah Sakit Pengayoman mungkin nanti akan kami perbantukan kepada Pemerintah Daerah untuk bergabung dengan tenaga kesehatan yang sudah ada dalam pelaksanaan vaksinasi kepada warga Jakarta Utara," kata Sandi.

Baca juga: 309 warga jalani vaksinasi massal di Kembangan Jakarta Barat

Ia berharap dukungan tenaga kesehatan tersebut mampu memperkuat tenaga kesehatan yang sudah ada dan mempercepat pencapaian vaksinasi COVID-19 di Wilayah Jakarta Utara.

Permintaan dukungan tenaga vaksinator sebelumnya diminta oleh Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim saat Kanwil Kumham DKI Jakarta menyalurkan 500 paket bantuan sosial natura berbentuk sembilan bahan pokok di halaman Kantor Wali Kota Jakarta Utara, Jumat.

Ali mengatakan bantuan tenaga vaksinator itu untuk mempercepat pencapaian kekebalan komunal (herd immunity) di wilayah Jakarta Utara melalui Vaksinasi COVID-19.

"Kalaulah nanti ada bantuan berikutnya, kami menawarkan bisa tidak dibantu dengan tenaga vaksinator. Vaksinnya dari kami semua, tapi tenaga vaksinator, dokter atau tenaga kesehatan ini untuk mempercepat capaian vaksin supaya sebanyak mungkin warga Jakarta Utara ini," kata Ali.

Baca juga: Polda Metro Jaya terima bantuan logistik untuk Vaksinasi Merdeka

Ali menilai suntikan vaksin COVID-19 itu bisa membuat warga yang terpapar virus SARS-COV-2 tidak mengalami gejala penyakit yang parah lagi ke depannya sehingga dapat mengurangi beban perawatan di rumah sakit.

Namun, Ali pun berterima kasih karena Kanwil Kumham DKI Jakarta sudah menyalurkan bantuan sosial berbentuk 500 paket sembako untuk penanggulangan COVID-19 di Jakarta Utara.

Ali mengatakan paket bantuan sosial tersebut akan didistribusikan kepada seluruh warga Jakarta Utara yang sedang menjalani isolasi mandiri karena terpapar virus corona dan juga warga kurang mampu yang mengalami kesulitan akibat situasi pandemi di Jakarta Utara.

Baca juga: Ratusan warga RW 10 Ciracas antusias ikuti vaksin COVID-19

"Terima kasih kepada Kanwil Kumham DKI atas sembako 500 paket ini yang nanti akan kami distribusikan ke masyarakat, warga-warga yang isoman dan kurang mampu," ujar Ali.

Ali mengatakan Pemerintah Kota Jakarta Utara memang sedang berupaya membuat warga setempat yang menjalani isoman agar segera pulih kembali.

"Mudah-mudahan apa yang bapak/ibu perbuat hari ini mendapat balasan yang berlipat-lipat dari Yang Maha Kuasa," kata Ali.

Adapun paket sembako senilai Rp250.000 itu berisi antara lain Beras Rojo Lele lima kilogram, gula pasir satu kilogram, minyak goreng botol isi dua liter, satu kaleng susu kental manis, 10 bungkus mi instan, satu kaleng sarden, dua botol handsanitizer, dan satu pcs masker isi tiga buah.

Pemberian 500 paket bantuan sosial natura tersebut dilaksanakan secara simbolis kepada perwakilan warga Kecamatan di Jakarta Utara antara lain Pademangan, Penjaringan, Koja, Cilincing, dan Tanjung Priok dengan disaksikan langsung oleh Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim pada pukul 15.00 WIB.
Pewarta : Abdu Faisal
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2021