Amerikat Serikat juarai Piala Emas Concacaf usai taklukan Meksiko 1-0

Amerikat Serikat juarai Piala Emas Concacaf usai taklukan Meksiko 1-0

Tim Amerika Serikat merayakan keberhasilan mereka memenangkan Piala Emas Concacaf usai mengalahkan Meksiko di partai final dengan skor 1-0 di Stadion Allegiant, Las Vegas, Nevada, Amerika Serika, 1 Agustus 2021 malam waktu setempat. (ANTARA/AFP/PATRICK T. FALLON)

Jakarta (ANTARA) - Timnas Amerika Serikat menjuarai turnamen Piala Emas (Gold Cup) Concacaf usai mengalahkan Meksiko 1-0 melalui drama perpanjangan waktu di Stadion Allegiant, Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat, Minggu malam (Senin WIB)

Dikutip dari laman resmi Concacaf, pada pertandingan tersebut Meksiko mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu pada awal-awal babak pertama.

Pada menit 11, penyerang Meksiko Rogelio Funes Mori berhasil melepaskan sundulan ke arah gawang Amerika Serikat setelah memanfaatkan umpan dari sepak pojok.

Beruntung kiper Amerika Serikat, Matt Turner berhasil melakukan penyelamatan gemilang dengan menjatuhkan diri untuk menahan bola tersebut.

Selanjutnya giliran Amerika Serikat yang melakukan ancaman pada menit 26 melalui Sebastian Lleget namun tendangannya masih belum menemui sasaran.

Baca juga: AS lolos ke final Piala Emas Concacaf setelah kalahkan Qatar 1-0
Baca juga: Lima pemain tewas dalam ledakan bus tim sepak bola di Somalia


Funes Mori kembali melakukan ancaman pada menit 31 dan 38, namun upayanya masih belum membuahkan hasil bagi Meksiko.

Ketika memasuki babak kedua, Meksiko terus melakukan tekanan dan dalam 7 menit pertama, ada setidaknya 3 peluang dari Hector Herrera dan Orbelin Pineda namun belum membuahkan hasil.

Selanjutnya Amerika Serikat melalui Arriola mencoba mengancam gawang Meksiko, tetapi masih bisa digagalkan kiper Alfredo Talavera.

Selama sisa waktu babak kedua, terjadi saling serang antara kedua tim namun hingga waktu usai, skor kuat 0-0 masih bertahan dan membuat pertandingan dilanjutkan ke babak tambahan.

Akhirnya Amerika Serikat berhasil memecah kebuntuan tiga menit sebelum pertandingan dilanjutkan ke babak adu penalti.

Bek Amerika Serikat Mile Robinson tampil sebagai pahlawan setelah berhasil mencetak gol pada menit 117 setelah memanfaatkan umpan tendangan bebas dari Kellyn Acosta yang membuat skor berubah menjadi 1-0.

Hingga pertandingan usai, skor 1-0 tetap bertahan dan membuat Amerika Serikat mengambil gelar Piala Emas Concacaf yang sebelumnya dimiliki oleh Meksiko.

Keberhasilan Amerika Serikat ini membuat mereka saat ini total sudah mengumpulkan tujuh gelar Piala Emas Concacaf.

Baca juga: Brazil lolos ke semifinal setelah menang tipis 1-0 atas Mesir
Baca juga: Jepang ke semifinal seusai kalahkan Selandia Baru lewat adu penalti
Pewarta : Aldi Sultan
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021