Saya mengajak semua ASN Pemkot Bitung berpikir inovasi
Manado (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung melakukan sosialisasi inovasi daerah dalam memasuki era digital di Kota Bitung, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

"Saya mengajak semua ASN Pemkot Bitung berpikir inovasi, utamanya dalam menciptakan layanan yang dapat menjangkau semua lapisan masyarakat," kata Wali Kota Bitung Maurits Mantiri, di Bitung, Senin.

Dia menjelaskan, menciptakan inovasi baru bukan untuk mengejar imbalan, tetapi inovasi yang diciptakan agar ABPD yang dimiliki terserap oleh masyarakat.

Apalagi, katanya lagi, di era digitalisasi saat ini, inovasi sangat diperlukan agar masyarakat lebih nyaman dan tenteram dengan pelayanan yang diberikan.

“Untuk itu mari kita satu hati, kami selalu memberikan ruang untuk orang-orang berprestasi,” katanya pula.

Dia mengatakan kegiatan sosialisasi Inovasi Daerah dan Inovative Government Award (IGA) Tahun 2021 merupakan upaya untuk merangsang pemerintah daerah agar terus berinovasi dengan meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintah daerahnya.

Dengan begitu, katanya, daerah mampu mewujudkan kesejahteraan masyarakat, yakni melalui peningkatan pelayanan publik, pemberdayaan masyarakat dan perannya, serta peningkatan daya saing daerah.

Selain itu, IGA merupakan bagian dari kewajiban pemerintah untuk mengembangkan invensi dan inovasi. pemerintah pusat dan daerah wajib menggunakan hasil invensi dan inovasi nasional dalam melakukan pembangunan, itu seperti diatur dalam UU Nomor 11 Tahun 2019 tentang Sisnas Iptek, katanya lagi.
Baca juga: Kemendagri minta pemda fokus inovasi di 6 area
Baca juga: Kepala BRIN sebut Brida bukan perwakilan di daerah


Pewarta: Nancy Lynda Tigauw
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2021