Satgas TNI lakukan pelayanan pengobatan gratis warga di perbatasan PNG

Satgas TNI lakukan pelayanan pengobatan gratis warga di perbatasan PNG

Personel Satgas Yonif 403/Wirasada Pratista memberikan pelayanan pengobatan pemeriksaan kesehatan gratis untuk warga di perbatasan RI-PNG di Kampung Kalimo, Kabupaten Keerom, Papua. ANTARA/HO-Pendam XVII/Cenderawasih.

Keerom (ANTARA) - Prajurit TNI Satuan Tugas Pamtas RI-Papua Nugini (PNG) Yonif 403/Wirasada Pratista melaksanakan pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis untuk warga di perbatasan Kampung Kalimo, Distrik Kalimo, Kabupaten Keerom, Papua dalam rangka menyambut HUT ke-76 RI.

Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista Letkol Inf Ade Pribadi Siregar dalam keterangan diterima Selasa, menjelaskan kegiatan pelayanan kesehatan dilakukan Satgas Yonif 403/Wirasada Pratista Pos Kalimo merupakan salah satu wujud kepedulian TNI untuk menjaga dan meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat.

Melalui kegiatan layanan kesehatan gratis ini, menurut Dansatgas, personel Satgas TNI juga mengingatkan kepada masyarakat akan pentingnya berolahraga dan makan makanan yang sehat dan bergizi agar tubuh tetap terjaga kesehatannya.

"Tim kesehatan Satgas Pos Kalimo melaksanakan pemeriksaan kesehatan secara gratis kepada masyarakat, dan sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat untuk mulai melakukan pola hidup bersih dan sehat," kata Dansatgas.

Di tempat terpisah, Danpos Kalimo Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista Letda Inf Sutarto mengatakan, kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis ini dilaksanakan untuk membantu warga dalam mendapatkan pelayanan kesehatan atas keluhan tubuh.

"Kebanyakan dari warga mengalami keluhan sakit batuk pilek dan beberapa disertai demam tinggi, untuk itu kami berikan obat beserta vitamin untuk mempercepat penyembuhannya dan kami sarankan untuk istirahat yang cukup," kata Letda Sutarto.

Selain itu, lanjutnya, Satgas TNI juga melakukan edukasi kepada warga secara terus-menerus agar menjaga kesehatan baik dari segi olahraga maupun pola makannya dengan asupan yang seimbang.

Salah satu warga yang berobat Robby Wey (40) mengucapkan terima kasih banyak kepada Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista Pos Kalimo atas pelayanan kesehatan yang telah diberikan untuk warga.

Diakuinya, selama ini anggota TNI selalu hadir dan rutin melaksanakan pelayanan kesehatan di kampungnya dan mengajak masyarakat untuk selalu hidup sehat.

"Satgas TNI selalu hadir dan rutin melaksanakan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Terima kasih banyak atas segala bantuannya, semoga Tuhan membalas kebaikan bapak TNI sekalian," ujar Robby.
Baca juga: Satgas TNI beri pengobatan untuk warga di perbatasan
Baca juga: Satgas TNI beri baju seragam sekolah untuk siswa perbatasan
Pewarta : Muhsidin
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2021