Hari pertama hingga 9 Agustus 2021 tercatat sudah 150.000 warga
Jakarta (ANTARA) - Peserta Vaksin Merdeka di Jakarta Barat hingga saat ini mencapai 150.000 warga, tersebar di seluruh kecamatan kota itu. 

"Hari pertama hingga 9 Agustus 2021 tercatat sudah 150.000 warga yang telah tervaksinasi " kata Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Ady Wibowo saat mengunjungi gerai vaksin di rukun warga (RW) 03 Kelurahan Joglo, Kembangan, Jakarta Barat, Selasa.

Menurut Ady, gerai vaksin itu tersebar hampir di seluruh RW setiap kecamatan. Letaknya di tempat yang mudah dijangkau warga seperti rumah ibadah dan sekolah.

Sebagian besar gerai vaksin pun dinilai maksimal dalam menjalankan vaksinasi massal kepada warga. Walau sudah maksimal, Ady berharap warga semakin antusias mengikuti vaksin massal.

"Kami berharap masyarakat makin masif dan antusias ikuti vaksin demi menekan penyebaran COVID-19," kata Ady.

Baca juga: Kapolda minta pengurus RW hingga jumantik dorong warga ikut vaksin

Sebelumnya, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran menyebutkan sebanyak 209 RW di Jakarta Barat menjadi perhatian untuk pelaksanaan "Vaksin Merdeka" karena menunjukkan tingkat pencapaian vaksinasi yang rendah.

Untuk mengatasi pencapaian vaksinasi yang rendah pada 209 RW di Jakarta Barat itu, Fadil menempatkan gerai vaksin di semua RW agar masyarakat tergerak mengikuti vaksin untuk membentuk kekebalan kelompok (herd immunity).

"Artinya ada 209 titik kami laksanakan vaksin. Kami harap semangat kemerdekaan jadi momentum kita untuk gerak bersama-sama," kata Fadil saat ditemui di lokasi gerai "Vaksinasi Merdeka" Yayasan Tarbiyah Islamiah Al-Alawiyah, Kembangan, Jakarta Barat.

Fadil sempat memantau gerai vaksinasi dan mengaku senang lantaran banyak warga yang datang untuk mengikuti program tersebut.

"Contohnya di RW 06 ada 960 belum divaksin dan sudah mendaftar, di satunya ada 790 kalau ditambah ada 1.600 lebih," ujar Fadil.

Baca juga: 96 persen warga Jakarta telah divaksin dosis pertama

Dengan adanya program ini, Fadil berharap seluruh warga DKI Jakarta sudah divaksinasi hingga 17 Agustus mendatang.

Pewarta: Walda Marison
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2021