Jakarta (ANTARA) - Kendaraan odong-odong digunakan untuk menjemput anak buah kapal (ABK) dan warga Kampung Nelayan dari Dermaga Pelabuhan Muara Angke menuju sentra vaksinasi di Rumah Susun Buddha Tzu Chi, Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, Rabu.

Sistem jemput bola untuk vaksinasi warga Kampung Nelayan dan para pekerja kapal itu diprakarsai oleh Kepolisian Resor Pelabuhan Tanjung Priok bekerjasama dengan Kepolisian Sektor Kawasan Muara Baru dan warga sekitar.

Guna mengejar target seratus persen warga di lima Rukun Warga (RW) Kelurahan Pluit, Penjaringan tervaksinasi, Kapolsek Kawasan Muara Baru AKP Seto Handoko terjun langsung memberi komando untuk penjemputan warga untuk ikut vaksinasi tersebut.

Seto bersama personel Kepolisian Resor Pelabuhan Tanjung Priok mendatangi Dermaga Pelabuhan Muara Angke guna mengajak warga dan juga pekerja kapal yang sedang beraktivitas untuk ikut Vaksinasi Merdeka COVID-19.

Para Ketua Rukun Tetangga, Rukun Warga dan Kader Dasawisma ikut andil sebagai fasilitator kegiatan vaksinasi tersebut. Ada yang bertindak selaku tenaga administrasi dan ada yang urunan untuk membelikan beras lima kilogram bagi warga yang sudah vaksin

Ada pula yang menyediakan kendaraan penjemputan, bahkan ada yang bertindak sebagai supir angkutan umum dan odong-odong.

Baca juga: 15.900 pekerja kapal dan warga Muara Angke prioritas Vaksinasi Merdeka
Baca juga: Vaksinasi Merdeka sasar ratusan warga Muara Angke


Pada kegiatan vaksinasi dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia itu, Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Putu Kholis Aryana ingin semua warga tetap bersemangat di tengah situasi pandemi COVID-19.

Polres Pelabuhan Tanjung Priok turut menyalurkan hadiah sembako bagi warga yang sudah divaksin serta satu unit sepeda motor yang diundi pada saat 17 Agustus 2021.

Waka Polres Pelabuhan Tanjung Priok Kompol Yunita Natallia Rungkat mengatakan, terdapat dua jenis vaksin yang disediakan di Gerai Vaksinasi Merdeka kali itu, yakni Sinovac dan Astra Zeneca.

Dua jenis vaksin itu disediakan untuk mengantisipasi kedatangan warga yang hendak melakukan vaksinasi tahap dua.

Gencarnya kegiatan vaksinasi dengan sistem jemput bola itu, warga diharapkan dapat mudah mengakses vaksin COVID-19 hingga 17 Agustus mendatang sehingga target 100 persen warga Jakarta tervaksinasi bisa tercapai.

Nantinya Polres Pelabuhan Tanjung Priok ingin menerapkan aturan wajib menunjukkan kartu vaksinasi bagi warga yang beraktivitas di area pelabuhan. Untuk itu, diharapkan warga yang belum vaksin segera mendatangi sentra vaksinasi terdekat.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2021