Dua dekade Demokrat, AHY perintahkan kader bantu rakyat

Dua dekade Demokrat, AHY perintahkan kader bantu rakyat

Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (kanan) memberi instruksi kepada kadernya untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19 lewat kanal video konferensi di Jakarta, Kamis (12/8/2021). ANTARA/HO-DPP Partai Demokrat

Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memerintahkan seluruh kader dan meminta para simpatisan terlibat dalam gerakan bakti sosial demi membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19.

Kegiatan itu merupakan bagian dari Bulan Bakti Demokrat yang digelar jelang peringatan Dua Dekade Partai Demokrat pada 9 September 2021, kata AHY sebagaimana dikutip dari keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Kamis.

"Saya instruksikan pada seluruh jajaran partai, khususnya para anggota Dewan Demokrat di tingkat pusat, provinsi, maupun kabupaten/kota, pertama memanfaatkan waktu dan anggaran reses untuk membantu konstituen masing-masing sesuai kebutuhan mereka," tutur AHY.

"Kedua, gerakkan struktur partai, relawan dan simpatisan untuk se maksimal mungkin membantu rakyat dengan bergerak dari pintu ke pintu. Ketiga, jaga kesehatan diri, keluarga, pengurus, kader, simpatisan, dan relawan yang terlibat. Sudah terlalu banyak pengurus, kader, simpatisan, dan relawan maupun keluarga Demokrat yang gugur selama pandemi ini. Kami berduka," ujar AHY menambahkan.

Kegiatan Bulan Bakti Demokrat itu merupakan kelanjutan dari Gerakan Nasional Partai Demokrat Peduli dan Berbagi. Bakti sosial itu telah berjalan sejak Maret 2020.

AHY menegaskan Partai Demokrat terus berkomitmen membantu pemerintah menanggulangi pandemi COVID-19.

Baca juga: PN Jakpus tak terima gugatan Partai Demokrat terhadap anggota KLB

Baca juga: Polda Jabar masih cek laporan Demokrat soal Wamendes


"Pandemi ini belum ada tanda-tanda mereda. Perekonomian rakyat masih terpuruk dan pengangguran serta kemiskinan meningkat di sekeliling kita," ucap AHY.

Sejumlah kegiatan yang akan digelar selama Bulan Bakti Demokrat pada 11 Agustus 2021 sampai 30 September 2021, antara lain program pengisian tabung Oksigen gratis untuk pasien COVID-19 dan warga yang membutuhkan.

Kegiatan pengisian tabung Oksigen itu dipimpin oleh Annisa Pohan dari Srikandi Demokrat.

Kemudian, Partai Demokrat juga menyiapkan bantuan langsung tunai, sembako, masker, vitamin, dan obat-obatan untuk masyarakat yang membutuhkan dan mereka yang terdampak pandemi.

Bantuan lain yang akan disalurkan kepada masyarakat, yaitu disinfektan dan APD di daerah-daerah pemukiman yang masuk zona merah, tes antigen dan swab PCR gratis, sambungan WiFi gratis untuk anak-anak sekolah, makanan siap santap untuk para tenaga kesehatan, dan dukungan untuk pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang terdampak pandemi.

Di samping acara-acara bakti dan bantuan sosial, Partai Demokrat juga menggelar lomba karya kreatif yang total hadiahnya mencapai ratusan juta rupiah.

Enam bidang yang dilombakan, yaitu, melukis dan karikatur, menulis, membuat video pendek, fotografi, dan desain merchandise. Kegiatan lomba dilakukan oleh peserta di rumah sehingga tidak ada interaksi secara fisik dengan panitia.

Lomba itu, yang terbuka untuk pekerja kreatif dan masyarakat umum, digelar dengan tema “Demokrat Berkoalisi dengan Rakyat”. Pendaftaran lomba telah dibuka sejak 8 Agustus 2021 di DPD Partai Demokrat masing-masing provinsi dan batas akhir pengumpulan karya pada 28 Agustus 2021.

"Harapannya, masyarakat menyambut antusias lomba-lomba ini, terutama untuk para pekerja kreatif yang diberikan ruang untuk berkarya," kata Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra sebagaimana dikutip dari keterangan tertulisnya minggu ini.
Pewarta : Genta Tenri Mawangi
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2021