Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Komjen Pol. Andap Budhi Revianto mengatakan kegiatan Kumham Sehat Kumham Produktif untuk mendukung kinerja pegawai di masa pandemi COVID-19 agar tetap maksimal.

"Kesehatan sangat penting untuk mendukung kinerja pegawai. Hanya dengan tubuh yang sehat, jajaran Kemenkumham dapat memberikan produktivitas yang maksimal," kata Sekjen Kemenkumham Komjen Pol. Andap Budhi Revianto di Jakarta, Jumat.

Kegiatan Kumham Sehat Kumham Produktif adalah respons atas pandemi COVID-19 yang masih melanda Indonesia. Kegiatan tersebut meliputi latihan olah pernapasan dan layanan telemedicine konsultasi kesehatan bagi pegawai.

"Jangan abaikan kesehatan di tengah pandemi COVID-19 ini. Menjadi sehat bukan hanya kiasan, tetapi tujuan kita adalah memiliki jiwa dan raga yang sehat," tegas Sekjen.

Baca juga: Kemenkumham realokasi Rp1,1 triliun untuk penanganan COVID-19

Dalam sepekan, Kumham Sehat Kumham Produktif dilaksanakan sebanyak dua kali yakni pada Rabu dan Jumat secara virtual. Jajaran Kemenkumham di unit utama, kantor wilayah, dan Unit Pelaksana Teknis di seluruh Indonesia terhubung melalui aplikasi zoom serta saluran siaran langsung yang telah disediakan.

"Kita terhubung secara virtual. Tidak hanya pegawai yang sehat, tetapi rekan-rekan yang sedang melakukan isolasi mandiri juga mengikuti kegiatan ini agar lebih cepat proses penyembuhannya," ujar dia.

Kegiatan Kumham Sehat Kumham Produktif diawali dengan latihan olah pernapasan teknik bio energy power yang dipimpin oleh pelatih profesional. Jenis latihan ini merupakan kombinasi olah napas dan olah gerak yang sederhana sehingga bisa dilakukan siapa saja tanpa memerlukan alat bantu tambahan.

Setelah latihan olah pernapasan, kegiatan dilanjutkan dengan konsultasi kesehatan oleh tim dokter Sekretariat Jenderal Kemenkumham. Topik yang dibahas seputar COVID-19, mulai dari penanganan saat positif hingga aktivitas setelah sembuh.

Baca juga: Kemenkumham kedepankan layanan publik berbasis digital di masa pandemi

Tim dokter di seluruh unit Kemenkumham juga telah melakukan layanan telemedicine selama pandemi COVID-19 melanda Indonesia. Pegawai Kemenkumham yang terpapar berkonsultasi melalui telepon dan mendapatkan rekomendasi tindakan serta obat-obatan.

Terakhir, Sekjen mengingatkan seluruh jajaran Kemenkumham untuk melaksanakan Work From Home (WFH) dengan penuh tanggung jawab. Kemenkumham telah banyak mengubah pola kerja konvensional menjadi pola kerja digital.

Hal tersebut dilakukan untuk beradaptasi dan mengakomodir kebutuhan kerja jarak jauh yang dilakukan selama pandemi.

"Pandemi mengajarkan kita satu hal yaitu digitalisasi. Dengan pola itu, kerja dari rumah menjadi efektif serta tetap sehat dan tidak mengurangi produktivitas," ujarnya.

Baca juga: Gedung Setjen Kemenkumham dikarantina imbas 161 pegawai positif COVID

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2021