Peningkatan ketersediaan tempat tidur harus dipersiapkan untuk mengantisipasi lonjakan kasus agar terkendali
Padang, (ANTARA) - Kepala Kepolisian RI (Kapolri) Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo meminta pemerintah daerah Sumatera Barat (Sumbar) terus meningkatkan ketersediaan tempat tidur di rumah sakit untuk pasien COVID-19 di daerah ini.

"Peningkatan ketersediaan tempat tidur harus dipersiapkan untuk mengantisipasi lonjakan kasus agar terkendali," kata Kapolri, saat mengunjungi Kota Padang bersama Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, di Padang,Jumat. Selain itu, Kapolri menekankan untuk forkopimda melakukan sosialisasi panduan isolasi mandiri (isoman) kepada masyarakat agar dapat mengurangi fatalitas sebelum mendapatkan penanganan di fasilitas kesehatan.

Dirinya tetap mengimbau kepada masyarakat yang terpapar COVID-19 untuk menjalani perawatan di tempat isolasi terpadu (Isoter). "Hal itu lebih baik, karena berada di bawah pengawasan tenaga kesehatan," kata dia.

Ia mengatakan yang paling diutamakan adalah isolasi di isoter karena dalam pengawasan nakes. "Lakukan koordinasi dan perencanaan terhadap kebutuhan oksigen untuk menjaga ketersediaan distribusi oksigen di RS rujukan COVID-19 pada seluruh wilayah," kata dia Sedangkan terkait dengan program vaksinasi, seluruh elemen di Sumbar harus bersinergi dan berkolaborasi untuk mengejar target Presiden Joko Widodo menyukseskan vaksinasi dua juta vaksin per hari.

"Untuk mengejar target vaksinasi 2 juta, forkopimda berkoordinasi terkait pelaksanaan vaksinasi di lapangan yang dilakukan secara bersama-sama TNI-Polri, Dinas Kesehatan, puskesmas, dan relawan," ujar Listyo Sigit.

Selain itu, ia meminta agar forkopimda segera menghabiskan stok vaksin dan merekrut elemen masyarakat untuk meningkatkan jumlah vaksinator. "Penguatan 3T agar dapat bergerak cepat menangani warga yang terpapar Virus Corona. Selain itu, pada strategi ini, forkopimda juga diimbau untuk menambah kapasitas tempat tidur RS dan lokasi isolasi terpusat (isoter)," kata dia pula.
Baca juga: Kapolri serukan persatuan lawan pandemi COVID-19
Baca juga: Panglima TNI: Tingkatkan pelacakan COVID-19


Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2021