Graha Wisata Ragunan jadi lokasi isolasi atlet terpapar COVID-19

Graha Wisata Ragunan jadi lokasi isolasi atlet terpapar COVID-19

Petugas menyemprot cairan disinfektan pada pasien COVID-19 dengan kategori orang tanpa gejala (OTG) saat tiba di Graha Wisata Ragunan, Kebagusan, Jakarta Selatan, Sabtu (12/6/2021). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/rwa.

Jakarta (ANTARA) - Graha Wisata Ragunan di Jakarta Selatan menjadi tempat isolasi terpusat bagi atlet peserta pemusatan latihan daerah (pelatda) yang terpapar COVID-19.

“Iya betul, atas permintaan pihak panitia dan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga. Jadi untuk atlet pelatda yang positif akan diisolasi di Wisma Graha Ragunan,” kata Kepala Suku Dinas (Sudin) Kesehatan Jakarta Selatan, Helmi saat dihubungi di Jakarta, Jumat.

Helmi menuturkan saat ini tempat isolasi terpusat (isoter) yang berlokasi di Pasar Minggu sudah dikelola oleh Dinas Pemuda dan Olahraga sejak awal Agustus 2021.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Sub Bagian Tata Usaha Unit Pengelola Anjungan dan Graha Wisata Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, Nurdawia mengatakan, semua kamar di Graha Ragunan telah disemprot dengan cairan disinfektan melalui Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Selatan.

Dia menambahkan, semua tenaga kesehatan yang sebelumnya bertugas di sana telah melakukan tes PCR dan kembali bertugas di tempat masing-masing.

Sebelumnya, Graha Wisata Ragunan menjadi tempat isolasi terpusat bagi pasien COVID-19 dengan gejala ringan atau orang tanpa gejala (OTG). Hal ini berdasarkan Keputusan Gubernur DKI Jakarta Nomor 891 Tahun 2021 tentang Penetapan Lokasi Isolasi.

Namun seiring dengan menurunnya jumlah pasien COVID-19, pemerintah setempat memusatkan lokasi isoter ke Rusun Pasar Rumput, Setiabudi.

Saat ini jumlah pasien yang menjalani isolasi mandiri di Jakarta Selatan sebanyak 1.443 orang atau menurun sebanyak 167 dari hari sebelumnya.
Baca juga: Pemkot Jaksel tutup seluruh taman kota selama penyesuaian PPKM Level 4
Baca juga: Jaksel tetap siapkan lokasi isolasi kendati kasus COVID-19 turun
Pewarta : Sihol Mulatua Hasugian
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2021