Satgas TNI bersama warga pasang bendera Merah Putih di perbatasan

Satgas TNI bersama warga pasang bendera Merah Putih di perbatasan

Warga perbatasan RI-PNG di Kampung Warlef Kabupaten Keerom bersemangat bersama Satgas TNI Yonif 403/Wirasada Pratista memasang bendera Merah Putih menyambut HUT RI ke-76. ANTARA/HO-Pendam XVII/Cenderawasih.

Keerom (ANTARA) - Personel TNI Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista bersama warga di perbatasan kampung Warlef, Distrik Senggi, Kabupaten Keerom, Papua membagikan dan memasang Bendera Merah Putih dalam rangka menanamkan semangat nasionalisme menyambut hari ulang tahun ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista Letkol Inf Ade Pribadi Siregar dalam keterangan diterima ANTARA di Keerom, Sabtu mengatakan, kegiatan pembagian dan pemasangan Bendera Merah Putih yang dilakukan bersama masyarakat di wilayah perbatasan untuk memotivasi dan mengajak masyarakat agar bersama-sama menghayati arti kemerdekaan suatu Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Menurut Dansatgas Letkol Ade Siregar, dengan menghargai, menghormati dan memperingati hari perjuangan merebut kemerdekaan Republik Indonesia memang dapat dilaksanakan dengan beragam cara untuk mengimplementasikannya.

Baca juga: Menparekraf ajak pelaku usaha kibarkan bendera Merah Putih

"Namun jangan sampai nilai perjuangan itu hilang, maka salah satunya kami mengajak masyarakat untuk melakukan pemasangan Bendera Merah Putih di wilayah perbatasan,” jelas Dansatgas.

Di tempat terpisah Danpos Kotis Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista Kapten Inf Restu Sujoko mengatakan, pembagian bendera dan pemasangan Bendera Merah Putih ini dilakukan secara bersama-sama dengan personel Pos Kotis Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista dengan warga Kampung Warlef Distrik Senggi sebagai bentuk antusias dan semangat para prajurit Satgas beserta masyarakat dalam mengisi hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Sebelum melaksanakan pemasangan Bendera Merah Putih kami bersama warga Kampung Warlef melaksanakan karya bakti pembersihan lingkungan umum Kampung Warlef kemudian dilanjutkan dengan pembagian Bendera Merah Putih kepada warga dari rumah ke rumah dan memasang Bendera Merah Putih bersama masyarakat di sepanjang jalan umum Kampung Warlef,"ujarnya.

Bahkan ada sejumlah warga yang sudah langsung memasang Bendera Merah Putih di halaman rumahnya sendiri.

"Ini adalah bukti bahwa masyarakat sangat antusias dalam merayakan dan mengisi hari kemerdekaan Republik Indonesia," ujar Restu.

Sementara itu, Kepala Kampung Warlef Bapak Yehuda Kumur mengucapkan terima kasih dan rasa bangga atas ajakan dari Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista bersama-sama masyarakat di wilayah perbatasan untuk mengisi hari kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2021 dengan kegiatan karya bakti membagikan serta memasang Bendera Merah Putih di Kampung Warlef.

"Semarak tujuh belas Agustus dapat meningkatkan semangat juang dan rasa cinta kita bersama terhadap tanah air Negara Kesatuan Republik Indonesia. Saya atas nama warga Kampung Warlef mengucapkan terimakasih dan rasa bangga kepada Satgas Yonif 403 Pos Senggi sudah ajak kami warga masyarakat bersama-sama membersihkan lingkungan desa

"Kampung Warlef dengan dipasangi Bendera Merah Putih di sepanjang jalan umum dan rumah-rumah warga Kampung Warlef tampak semarak,” ujar Yehuda.

Baca juga: Pemkot Serang gelar 'gebyar 1.001 merah putih-sosialisasi vaksinasi'
Baca juga: Bupati Bogor minta PKL Puncak ganti bendera putih jadi Merah Putih

 
Pewarta : Muhsidin
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2021